Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa

Faqihudin, Rifqi (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619100_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619100_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep siswa dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Perlu adanya pembelajaran yang dapat mendorong siswa lebih aktif dan lebih berani di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) karena siswa dapat mengemukakan ide dan gagasan mereka dalam menyelesaikan permasalahan dan menanamkan konsep ke dalam diri mereka. Masalah penelitian ini adalah siswa masih belum memahami konsep matematika, dan terlihat kurang percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada model pembelajaran MMP dan DI. Penlitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk kualitas pendidikan, khususnya bagi siswa yang bermasalah dengan pemahaman konsep matematis dan self confidence Penelitian eksperimen ini berbentuk quasy experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Kelas VIII A dan VIII B SMP N 4 Bojong digunakan sebagai sampel melalui cluster random sampling dari populasi seluruh kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil uji ANOVA berkesimpulan bahwa model pembelajaran MMP berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project, Self confidence, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:35
Last Modified: 06 Feb 2024 05:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item