Strategi bauran promosi (Promosi Mix) pada produk piutang murabahah di KJKS BMT Wuled Tirto periode 2012-2015

Munandar, Ari (2016) Strategi bauran promosi (Promosi Mix) pada produk piutang murabahah di KJKS BMT Wuled Tirto periode 2012-2015. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012112084 ARI MUNANDAR BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2012112084 ARI MUNANDAR BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini tentang strategi bauran promosi (promotion mix) pada produk piutang murabahah di KJKS BTM Wuled Tirto. Alasan mengapa diteliti, karena meskipun dari data perkembangan volume pembiayaan pada produk piutang murabahah selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya namun dari segi presentase sebaliknya selalu mengalami penurunan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bauran promosi (promotion mix) pada produk piutang murabahah serta untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi KJKS BTM Wuled Tirto dalam melakukan promosi sehingga terjadi penurunan presentase penjualan produk piutang murabahah pada periode 2012-2015 dan upayanya dalam mengatasi hambatan tersebut. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang digunakan KJKS BTM Wuled Tirto pada produk pembiayaan murabahah adalah dengan menggunakan sarana promosi periklanan (brosur, spanduk, kalender), personal selling (pemasaran langsung oleh marketing), promosi. penjualan (potongan margin), hubungan masyarakat (PR) atau Publisitas (acara seminar, dan bantuan untuk Amal Usaha Muhammadiyah), dan pemasaran langsung (surat, telpon, dan email). Ada beberapa hambatan yang menjadi penyebab turunnya presentase penjualan produk piutang murabah periode 2012-2015 yang sebenarnya hambatan tersebut berasal dari kekurangan pada sarana promosi itu sendiri. Namun KJKS BTM Wuled Tirto berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan cara yaitu dengan memaksimalkan sarana promosi sebaik mungkin, mulai dari sarana promosi periklanan, personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat (PR) atau Publisitas, dan pemasaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa'shum, HafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi (promotion mix), Piutang Murabahah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:33
Last Modified: 06 Nov 2023 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item