Etika komunikasi customer service dalam pelayanan nasabah di Bank Syariah Mandiri(BSM) Pemalang

Khiyaroh, Rifatul (2016) Etika komunikasi customer service dalam pelayanan nasabah di Bank Syariah Mandiri(BSM) Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012112085 RIFATUL KHIYAROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2012112085 RIFATUL KHIYAROH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Etika bukanlah permasalahan yang baru dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Kedudukan etika dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik secara individu maupun sebagai anggota masyarakat, etika sendiri merupakan ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang jelek dengan memperlihatkan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat dicerna akal pikiran. Dengan begitu banyak Perbankan Syariah yang mengutamakan adanya etika dalam setiap pelayanannya. Etika tanpa komunikasi tidak akan berarti, sebaliknya komunikasi tanpa etika akan keblabasan, semprawut yang menimbulkan kebencian, dendam dan permusuhan. Etika komunikasi sangatlah penting dalam keseharian kita, terlebih dalam perusahaan/lembaga keuangan. Jika komunikasi dalam perusahaan tidak dibarengi dengan etika komunikasi yang baik, dikhawatirkan akan terjadi kesalahpahaman bahkan perselisihan yang berujung pada perkelahian. Dalam hal ini faktor komunikasi memainkan peranan yang sangat penting terlebih dalam suatu lembaga/keorganisasian, Kegiatan dan aktivitasnya itu akan terselenggara dengan baik melalui proses komunikasi antar manusia. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan etika komunikasi Customer Service (cs) dalam memberikan pelayanan terhadap loyalti nasabah di Bank Syariah Mandiri (BSM) Pemalang, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang data-datanya diperoleh langsung dari BSM Pemalang. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil wawancara dengan customer service dan data sekunder yang berupa laporan-laporan dari BSM Pemalang, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentas.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dimana hasil dari penelitian ini dijabarkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan tindakan dibuat-buat. Berpakaian selalu rapi, serasi dan bersih, selalu mengucap salam ketika bertemu atau berpisah dengan nasabah, termasuk ucapan terima kasih. Selalu bersikap optimis dan tidak pesamis serta tidak ragu-ragu dalam bertindak. Berperilaku dengan baik. Incah, gesit. mudah bergau dan cepat tanggap. Lemah lembut dan sopan santun dalam melayani tamu atau nasabah, Selalu memberikan perhatian terhadap nasabah merupakan wujud dari perilaku yang sesuai dengan kaidah islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBisryi, HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi, Bank Syariah Mandiri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:48
Last Modified: 06 Nov 2023 07:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item