Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV MI Bangbayang Tasikmalaya

Nabila, Alia Azhar (2023) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV MI Bangbayang Tasikmalaya. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319138_ALIA AZHAR NABILA_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2319138_AliaAzharNabila_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penerapan kurikulum 2013 oleh guru di sekolah. Guru sebagai pendidik masih belum menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga mengakibatkan aktivitas belajar siswa yang masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagai mana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan berkomunikasi siswa kelas IV MI Bangbayang Tasikmalaya? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Bangbayang Tasikmalaya? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar di MI Bangbayang Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probality sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Teknik pengolahan data menggunakan uji instrumen dan uji hipotesis. Hasil menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar pada siswa. Dilihat dari hasil observasi keterampilan berkomunikasi dengan perhitungan uji wilcoxon yang memperoleh nilai signifikan < 0.05 artinya terdapat perbedaan sebelum dan setelah diberikannya perlakuan. Kemudian hasil dari uji N-gain score tersebut, menunjukan bahwa nilai rata-rata N-gain Score untuk kelas IV sebesar 45,35 termasuk kedalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning sudah cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa MI Bangbayang Tasikmalaya. Model pembelajaran discovery learning juga berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Bangbayang Tasikmalaya. Dari data hasil belajar yang dilakukan dan perhitungan uji wilcoxon yang memperoleh nilai signifikan < 0.05 artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Kemudian hasil dari uji N-gain score tersebut, menunjukan bahwa nilai rata-rata Ngain Score hasil belajar untuk kelas IV sebesar 43,44 termasuk kedalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian Dyah198905192019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran discovery learning, keterampilan berkomunikasi, hasil belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:39
Last Modified: 20 Feb 2024 09:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4331

Actions (login required)

View Item View Item