Agustinus H, Andrian (2016) Implementasi standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut kurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111353 ANDRIAN AGUSTINUS H BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (29MB) |
|
Text
2021111353 ANDRIAN AGUSTINUS H BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (12MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang memfokuskan pada peserta didik untuk lebih aktif dengan mengubah konsep, yang semula siswa diberi tahu, sekarang siswa yang mencari tahu. Dan di Pekalongan, pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tepatnya pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 kurikulum 2013 baru diterapkan, yang salah satunya adalah SMP Islam Pekalongan dan dalam penerapannya hanya pada kelas VII saja. Dalam penerapan kurikulum 2013 ini tentu menarik untuk diteliti dari awal persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah, proses pembelajaran di dalam kelas, hingga faktor yang mendukung dan menghambat dari proses pembelajaran pendidikan agama islam menurut kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi standar proses pembelajaran pendidikan agama islam menurut kurikulum 2013 di SMP Islam PekaJongan, apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi standar proses pembelajaran pendidikan agama islam menurut kurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi standar proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pemikiran dan pengetahuan dalam lingkungan pendidikan yang berkaitan proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 dan sebagai informasi bagi sekolah khususnya guru untuk lebih memahami tentang konsep kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dalam menyajikan data berbentuk verbal dan akan memaparkan keadaan atau fenomena yang terjadi di lapangan yang terkait dengan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut konsep kurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan, dengan mempersiapkan berbagai hal terkait pembelajaran, mengacu pada pendekatan saintifik saat proses pembelajaran yaitu mengamati, menanya, menumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik. Artinya, penilaian sebenarnya, penilaian ini mencakup semua ranah pembelajaran, yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Terdapat pula faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan yang butuh perhatian khusus guna mencapai tujuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurikulum 2013 | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 05:00 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 05:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4332 |
Actions (login required)
View Item |