Peran orang tua dan guru dalam menanamkan nilai sopan santun pada sisawa kelas III SDN Madugowongjati 02 Desa Madugowongjati Kecamatan Gringsing kabupaten Batang

Pratiwi, Sofia Eka (2023) Peran orang tua dan guru dalam menanamkan nilai sopan santun pada sisawa kelas III SDN Madugowongjati 02 Desa Madugowongjati Kecamatan Gringsing kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319197_Cover_Bab 1 dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319197_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi orang tua dan Guru menyadari betapa pentingnya peranan mereka dalam menanamkan nilai sopan santun pada anaknya. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian yang diberikan orang tua dan kepada anak karena kesibukan pekerjaan orang tua. Beraneka ragam tingkah laku atau perbuatan anak yang menyimpang dari nilai sopan santun sering menimbulkan kegelisahan dan permasalahan terhadap orang lain. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti permahasalahan tersebut.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Nilai Sopan santun Pada Siswa Kelas III SDN Madugowongjati 02 Desa Madugowongjati Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang2) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Peran Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun Pada Siswa Kelas III SDN Madugowongjati 02 Desa Madugowongjati Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Peran Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Nilai Sopan santun Pada Siswa Kelas III SDN Madugowongjati 02 Desa Madugowongjati Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. 2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Peran Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Nilai Sopan santun Pada Siswa Kelas III SDN Madugowongjati 02 Desa Madugowongjati Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu riset yang dilakukan di medan terjadinya gejala-gejala dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dugunakan adalah analisi kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan guru memiliki peran penting dalam menanamkan nilai sopan santun pada anak. Peran orang tua dalam menanamkan nilai sopan santun pada anak yaitu peran sebagai pendidik, peran sebagai pendorong, peran sebagai panutan dan peran sebagai pengawas. Peran Guru dalam menanamkan nilai sopan santun yaitu peran guru dalam berinteraksi, dan peran guru dalam pembelajaran Nilai-nilai Sopan Santun yang ditanamkan pada anak adalah berbicara yang baik dan menerima sesuatu dengan tangan kanan. Orang tua dan guru menanamkan nilai-nilai tersebut dengan memberikan pengertian dan contoh langsung kepada anak. Faktor pendukungnya : Keluarga yang harmonis dan Lingkungan sekolah yang nyaman, Sedangkan Faktor penghambat: Komunikasi yang kurang baik dan Pengaruh teman sebaya yang Menyimpang dari nilai sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratiwi, Sofia EkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua dan guru, nilai sopan santun, dan siswa kelas III
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:14
Last Modified: 20 Feb 2024 08:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item View Item