Studi Living Qur'an Ayat Amanah QS. Al-Anfal Ayat 27 Terhadap Perilaku Para Pengajar Madrasah Nurul Huda Samong-Ulujami

Nisa, Zhahrotun (2023) Studi Living Qur'an Ayat Amanah QS. Al-Anfal Ayat 27 Terhadap Perilaku Para Pengajar Madrasah Nurul Huda Samong-Ulujami. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3119051_Cover_Bab 1 dan Bab 5 (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
3119051_Full Text.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Nisa, Zhahrotun. 2023. Studi Living Qur’an Ayat Amanah QS. Al-Anfal Ayat 27 Terhadap Perilaku Para Pengajar Madrasah Nurul Huda Samong-Ulujami. Skripsi Jurusan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Universitas Islam Negeri (UIN) K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Syamsul Bakhri, M. Sos Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa perilaku pengajar yang kurang amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar, yang mana sebenarnya dalam madrasah tersebut sudah menerapkan satu ayat amanah sebagai patokan utama dalam menjalankan tugasnya. Living Qur’an bisa diartikan sebagai tanggapan nilai-nilai al-Qur’an atas fenomena perilaku sosial yang muncul di masyarakat. Sedangkan orang yang amanah sudah pasti dapat professional dalam bekerja. Akan tetapi, di madrasah tersebut masih ada beberapa pengajar yang belum sesuai dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan amanah dan profesional, sehingga perilakunya kurang mencerminkan pengetahuan agama sesuai dengan ayat amanah yang dijadikan patokan dalam menjalankan amanahnya yaitu QS. Al-Anfal ayat 27. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi para pengajar Madrasah Nurul Huda Samong-Ulujami dengan ayat amanah QS. Al-Anfal : 27? (2) Bagaimana Living Qur’an ayat amanah diimplementasikan di Madrasah Nurul Huda? (3) Bagaimana relevansi profesionalisme para pengajar Madrasah Nurul Huda Samong-Uljami dengan ayat amanah QS. Al-Anfal : 27? Kemudian penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui persepsi para pengajar di Madrasah Nurul Huda Samong-Ulujami tentang salah satu ayat amanah QS. Al-Anfal : 27 yang dijadikan sebagai patokan dalalm menjalalnkan amanahnya sebagai guru. (2) Untuk mengetahui implementasi para pengajar Madrasah Nurul Huda Samong–Ulujami terkait ayat amanah QS. Al-Anfal : 27. (3) Untuk mengetahui relevansi profesionalisme para pengajar Madrasah Nurul Huda Samong–Ulujami dengan ayat amanah QS. Al-Anfal : 27. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dengan pendekatan fenomenologi. Dalam menganalisis data fenomenologi terdapat beberapa tahapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Adanya beberapa persepsi para pengajar terkait dengan QS. Al-Anfal : 27. Adanya implementasi dari para pengajar Madrasah Nurul Huda Samong–Ulujami terkait ayat amanah QS. Al-Anfal : 27. Ada pula beberapa pendapat para pengajar terkait relevasi profesionalisme para pengajar Madrasah Nurul Huda Samong – Ulujami dengan ayat amanah QS. Al-Anfal : 27.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBakhri, SyamsulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an, Amanah dan Profesional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X2.1 Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:27
Last Modified: 13 Nov 2023 01:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item