Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Rizqi, Faisal (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Faisal Rizqi. 2318192. 2023. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Pekalongan: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan. Firdaus Perdana M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kreativitas, Seni Kolase Guru berperan penting dalam perkembangan kreativitas anak, guru harus dapat memilih dan memanfaatkan setiap kesempatan saat pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas anak. Kreativitas merupakan suatu bentuk keterampilan yang dapat dilahirkan atau diwujudkan pada suatu bentuk pemikiran yang inovatif maupun terampil. Namun dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa masih ditemui beberapa tantangan yang perlu diatasi. Beberapa diantaranya keterbatasan sarana prasarana dan respon siswa itu sendiri, serta guru dalam menerapkan strategi yang belum tepat guna meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV MI Al-Huda Babalan Kidul. Kolase dengan segara strukturnya diharapkan mampu meningkatkan jiwa kreativitas murid dengan sebuah media karya seni. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dan Apa faktor Pendukung dan Penghambat dalam Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bentuk Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan melalui integrasi dalam mata pelajaran, melalui pembiasaan di sekolah, pemberian contoh dari guru-guru, dan melalui kegiatan praktik secara langsung. Faktor pendukung dan penghambat Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Melalui Seni Kolase di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan meliputi: Sarana prasarana yang memadai, lingkungan madrasah sekolah yang baik, internal peserta didik, dan strategi guru dalam mengajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kreativitas, Seni Kolase
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:13
Last Modified: 08 Nov 2023 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item