Peranan sistem full day school dala1vi pembentukan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan

FITRI ROYANI, ILMI (2015) Peranan sistem full day school dala1vi pembentukan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110240 ILMI FITRI ROYANI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2021110240 ILMI FITRI ROYANI BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Royani. IImi Fitri. 2015. PERANAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDIT BAHRUL ULUM KWAYANGAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi Jurusan/ Program Studi: Tarbiyah! Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. H. Salafudin, M.si Kata kunci : Full day school, Karakter Sekolah yang menerapkan sistem full day school mempunyai jam pelajaran yang lebih dari pada sekolah biasa. Bagi anak yang sekolah di full day school, lingkungan sekolah merupakan aspek yang sangat mempengaruhi proses pembentukan karakter anak. Karena lingkungan pendidikan juga memberikan pengaruh pada pembentukan karakter. Bagaimana cara mereka diperlakukan dalam lingkungan sekolah clan bagaimana cara guru mendidik mereka merupakan salah satu faktor yang mempengarnhi pembentukan karakter seseorang. Dalam psikologi perkembangan, usia peserta didik di SD berada dalam periode late childhood (akhir masa kanak-kanak). Mereka kira-kira berada dalam rentang usia antara enam atau tujuh tahun sampai tiba saatnya anak menjadi matang secara biologis sekitar usia tiga belas tahun. Periode ini ditandai dengan kondisi yang sangat memengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak. Mereka dihadapkan pada suasana lingkungan barn yang menuntut mereka dapat menyesuaiakan diri. Pada situasi tersebut, secara psikologis kebanyakan anak berada dalam keadaan tidak seimbang, sehingga anak sulit untuk bekerja sama dan dapat mengakibatkan perubahan sikap, nilai, dan perilaku. Sehingga disinilab pentingnya pendidikan karakter anak di berikan oleh pendidik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pembelajaran sistem full day school di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Bagaimana karakter anak di SDIT Bahrul Ulum kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Bagaimana Peranan sistem Full day school dalam pembentukan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan pembelajaran sistem full day school di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Untuk mendeskripsikan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. untuk mendeskripsikan peranan sistem full day school dalam pembentukan kara.kter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis, yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. Salafudin, H. SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Full day school, Karakter
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:29
Last Modified: 16 Nov 2023 08:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item