Achilla, Silky (2023) Etnomatematika pada motif Tenun Ikat Troso serta aktivitas fundamental matematis menurut Bishop di industri Ibany Tenun Troso Jepara. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Silky Achilla (2619064) Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
Silky Achilla (2619064) Bab I-V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Paradigma masyarakat saat ini masih menganggap bahwa matematika sebagai ilmu yang jauh dari kehidupan nyata sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Hal ini terbilang kurang tepat karena secara tidak sadar banyak bukti dan konsep matematika yang melekat di kehidupan sehari-hari. Keadaan ini membuat para pengajar atau guru dituntut untuk lebih bekerja keras dalam menyajikan konsep pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang memadukan antara matematika dengan budaya masyarakat sehingga dapat memaksimalkan motivasi belajar siswa. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Supriadi di UPI Kampus Serang, diperoleh kesimpulan bahwa hampir seluruhnya 80% dari 80 mahasiswa tidak mengerti budaya yang ada pada saat pembelajaran matematika berlangsung. Dari hasil tes matematika berbasis budaya Banten menunjukan hasil rata-rata rendah dengan nilai 50%. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh pembelajaran yang kurang menyajikan budaya sebagai tema atau konteks dalam pembelajaran. Alternatif yang dapat diambil oleh seorang guru adalah menyajikan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Etnomatematika dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran matematika serta memperkenalkan budaya daerah tersebut dengan melalui motif serta aspek fundamental matematis yang ditemukan. Etnomatematika dapat mempermudah dan dapat memahami studi kasus yang ada di pengrajin industri sehinga lebih memperhatikan dan mendalami seni sekaligus makna dalam setiap coretan garis dan titik serta dapat mempermudahkan proses pembelajaran untuk memperkenalkan budaya dan matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana etnomatematika pada motif tenun ikat troso jepara? dan bagaimana aktivitas fundamental matematis bishop pada kegiatan industri ibany tenun ikat troso jepara?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis etnomatematika pada motif kain tenun ikat troso jepara dan menganalisis aktivitas fundamental matematis pada tenun ikat troso di industri ibany tenun ikat troso jepara. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi yang dimana diharapkan menggunakan pendekatan empiris dan teoritis dengan tujuan mendapatkan gambaran dan analisis mengenai kebudayaan berdasarkan penelitian yang intensif. Penelitian ini dilakukan di salah satu home industry di Desa Troso yaitu di industri ibany tenun ikat troso jepara. Subyek yang diteliti mencangkup pemilik industri dan dua karyawan industri. Hasil analisis yang didapat pada penelitian ini adalah ditemukan adanya unsur matematika pada motif kain ikat troso jepara. Diperoleh ada 5 motif kain tenun yang dihasilkan di industri ibany. Dari 5 motif tersebut ditemukan matematika di dalamnya, seperti segitiga, persegi, lingkaran dan kesebangunan pada motif tari betawi, belah ketupat pada motif bunga latoh, persegi dan kesebangunan pada motif baron, persegi, persegi panjang, lingkaran dan rotasi pada motif endek dan yang terakhir adanya segitiga, persegi panjang dan kesebangunan pada motif blanket. Kedua, ditemukannya aktivitas fundamental matematis menurut Bishop pada proses pembuatan kain tenun ikat. Adapun aktivitas fundamental matematis yang ada yakni counting, measuring, locating, designing, playing dan explaning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika motif tenun ikat Troso, Aktifitas fundamental matematis menurut Bishop, Tenun ikat Troso | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 05:26 | ||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 05:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4368 |
Actions (login required)
View Item |