Implementasi Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang

Weniarni, Listin (2023) Implementasi Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Listin Weniarni (2619002) Bab I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Listin Weniarni (2619002) Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Konseptualisasi merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Belajar konsep berarti belajar dengan pemahaman. Meningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dimulai dengan meningkatan keterampilan pengelolaan kelas guru matematika. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model Discovery Learning. Model Discovery learning adalah model pembelajaran yang tidak menyajikan konsep secara langsung (final), melainkan siswa harus mengorganisasikan pembelajarannya untuk menemukan konsep Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model discovery learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan mengenai model discovery learning, menambah kepustakaan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, serta utamanya untuk memberikan data yang dapat dijadikan masukan bagi SMP Negeri 1 Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen dan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes, dan observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t Hasil penelitian ini pada uji independent sample t-test didapat nilai signifikansi (2-tailed) 0,005< 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pada posttest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 37,5, nilai maksimum 97,5, dan nilai rata-rata 74,844. Sedangkan pada posttest kelas kontrol memiliki nilai minimum 22,5, nilai maksimum 85, dan nilai rata-rata 60,078. Dari data tersebut dapat diketahui pada kedua kelas setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda didapatkan hasil yang lebih baik pada kelas dengan mengguanakan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:05
Last Modified: 09 Nov 2023 06:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item