Peran Pembelajaran Kitab Al-Barzanji Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Usia Mi/Sd di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Sampangan Pekalongan

KHAYATI, ZAHROTUL (2023) Peran Pembelajaran Kitab Al-Barzanji Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Usia Mi/Sd di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Sampangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2319050_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319050_Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Khayati, Zahrotul. 2319050. Peran pembelajaran kitab al-barzanji dalam membenuk karakter religius santri usia MI/SD di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Pekalongan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd, M.Ag Kata kunci : Karakter religius, Santri, Barzanji Penelitian ini mengkaji tentang peran Peran pembelajaran kitab al-barzanji dalam membenuk karakter religius santri usia MI/SD di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Pekalongan. Penelitian ini dilator belakangi karena adanya modernisasi yang menyebabkan krisis karakter terutama pada anak zaman sekarang. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini 1.Apa saja karakter religius dalam kitab Al-Barzanji 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab al-barzanji dalam membenuk karakter religius santri usia MI/SD di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait apa saja karakter religius dalam kitab al-barzanji dan pelaksanaan pembelajaran kitab al-barzanji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian yang diteliti yaitu pengajar dan peserta didik usia MI/SD di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Pekalongan. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data yaitu guru pengampu dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan pengumpulan data lainnya. Data dianalisis menggunakan reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan mampu membantu terbentuknya karakter religius santri usia MI/SD melalui pembelajaran kitab al-barzanji ini. Karakter religius yang terdapat dalam kitab al-barzanji karya Syaik Ja’far Al-Barzanji ada tujuh yaitu beriman, bertaqwa, rendah hati, jujur, bersyukur, adil serta ramah. Adapun hasil dari pelaksanaan pembelajaran kitab al-barzanji dalam membentuk karakter religius santri usia MI/SD di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Pekalongan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Karakter religius, Santri, Barzanji
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:40
Last Modified: 20 Nov 2023 04:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item