Implementasi Metode Tasmi'Dan Muraja'ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Salafiyah Syafi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Al-fina, Salistya (2023) Implementasi Metode Tasmi'Dan Muraja'ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Salafiyah Syafi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119136_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119136_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode Tasmi dan muraja’ah biasa digunakan oleh seorang tahfidz alAlqur’an. Namun di kalangan remaja masih dijumpai akan kesulitan menjaga hafalan dikarenakan malas mengulang hafalan, malas,sulit mengatur waktu dan sebagainya. Oleh sebab itu, perlunya pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah tahfidz al-qur’an yang dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas hafalan santri. Pada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan mayoritas santrinya merupakan seorang pelajar. Dengan ini peneliti menggali bagaimana implementasi metode tasmi dan muraja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan metode tasmi’ dan muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode tasmi’ dan muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi Kasus. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer yang diambil dari pengasuh, ustadzah dan santri, serta sumber data skunder yang diperoleh dari observasi, Dokumentasi dan arsip seperti jurnl, skripsi dan tesis. Analisis yang digunakan melalui merangkum data atau memfokuskan pada hal-hal yang penting,menyajikan data supaya dapat dipahami dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi metode tasmi’ dan muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan dilaksanakan melalui dua tasmi’ yaitu tasmi 1 juz dan tasmi 5 juz dan empat muraja’ah yaitu muraja’ah saat salat, muraja’ah dengan ustadzah, muraja’ah sambung kaca dan muraja’ah mandiri. Melalui metode tasmi’ dan muraja’ah kualitas hafalan santri putri akan lebih baik dari kelancaran hafalannya, makhorijul huruf dan kaidah tajwidnya. Kedua faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode tasmi’ dan muraja’ah tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan santri yaitu motivasi orangtua, adanya jadwal yang terstruktur dan lingkungan yang mempengaruhi santri dalam menghafal serta faktor penghambatnya yaitu malas melakukan mengulang hafalan, kurang fokus, stress, semangat turun, mengulang lebih sulit dari pada menambah, sulit mengatur waktu, lupa ayat sudah dihafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode tasmi' dan muraja'ah, tahfidz a-qur'an, kualitas hafalan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:33
Last Modified: 06 Feb 2024 07:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item