Pengaruh Word Of Mouth, Pengetahuan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Di Kspps Sm Nu Cabang Sragi

IZAH, FINA NURUL (2023) Pengaruh Word Of Mouth, Pengetahuan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Di Kspps Sm Nu Cabang Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4219086_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4219086_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK FINA NURUL IZAH. Pengaruh Word Of Mouth, Pengetahuan Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Di KSPPS SM NU Cabang Sragi. Sebagian besar masyarakat yang beragama Islam sekarang lebih hati-hati dalam menjalankan berbagai perintah dan ajaran agamanya untuk menghindari kerja sama maupun negosiasi dengan lembaga keuangan konvensional yang berjalan dengan sistem riba, walaupun mereka tahu bahwa lembaga ini mempunyai andil dalam memajukan pembangunan ekonomi bangsa. Lembaga keuangan yang bukan konvensional menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Salah satunya adalah yang berbentuk Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS). Saat ini perkembangan Lembaga Keuangan Syariah terus mengalami kenaikan. Salah satunya Koperasi Syariah, KSPPS sendiri tentunya memiliki persaingan yang ketat antar Lembaga Keuangan Syariah lainnya. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah berbagai macam Koperasi Syariah yang berkembang dan terus meningkat dalam hal positif. Hal ini menandakan bahwa masyarakat mulai banyak yang memutuskan untuk menggunakan produk dan jasa yang ada di Koperasi Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh word of mouth, pengetahuan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di KSPPS SM NU Cabang Sragi. Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang diambil yaitu anggota yang menabung di KSPPS SM NU Cabang Sragi sejumlah 767 orang, dengan sampel sebanyak 90 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan jenis accidental sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Word Of Mouth berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan menabung di KSPPS SM NU Cabang Sragi. (2) Pengetahuan Produk berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan menabung di KSPPS SM NU Cabang Sragi. (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan menabung di KSPPS SM NU Cabang Sragi. 4) Word Of Mouth, Pengetahuan Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara bersama-bersama (simultan) terhadap keputusan menabung di KSPPS SM NU Cabang Sragi. Kata kunci : Word Of Mouth, Pengetahuan Produk, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Menabung. ABSTRACT FINA NURUL IZAH. The Influence Of Word Of Mouth, Product Knowledege, and Service Quality On Saving Decisions at KSPPS SM NU Pekalongan Sragi Branch. Most people who are Muslim are now more careful in carrying out the various commands and teachings of their religion to avoid collaborating or negotiating with conventional financial institutions that run on a usury system, even though they know that these institutions have a role in advancing the nation's economic development. Non-conventional financial institutions are a solution to this problem. One of them is in the form of a Sharia Savings and Loans and Financing Cooperative (KSPPS). Currently, the development of Sharia Financial Institutions continues to increase. One of them is the Sharia Cooperative, KSPPS itself, of course has tight competition between other Sharia Financial Institutions. This can be seen from the increasing number of various types of Sharia Cooperatives which are developing and continuing to increase in positive terms. This indicates that many people are starting to decide to use the products and services available at the Sharia Cooperative. This research aims to empirically test the influence of word of mouth, product knowledge and service quality on savings decisions at KSPPS SM NU Sragi Branch. The type of research taken in this research is field research with a quantitative approach. In this study, the population taken was 767 members who saved at KSPPS SM NU Sragi Branch, with a sample of 90 respondents and the sampling technique used was probability sampling with the type of accidental sampling. In this research, researchers used data collection techniques, namely questionnaires. The results of this research show that (1) Word of Mouth has a significant and positive effect on savings decisions at KSPPS SM NU Sragi Branch. (2) Product knowledge has a significant and positive effect on savings decisions at KSPPS SM NU Sragi Branch. (3) Service quality has a significant and positive effect on savings decisions at KSPPS SM NU Sragi Branch. 4) Word of Mouth, Product Knowledge and Service Quality jointly (simultaneously) influence the decision to save at KSPPS SM NU Sragi Branch. Keywords : Word Of Mouth, Product Knowledge, Service Quality, and Saving Decisions.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAwali, HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Word Of Mouth, Pengetahuan Produk, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Menabung.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:07
Last Modified: 13 Nov 2023 04:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item