Roziqin, Khoirur (2023) Efektifitas model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Khoirur Roziqin (2619062) Bab I-V.pdf Download (962kB) |
|
Text
Khoirur Roziqin (2619062) Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Orientasi pembelajaran matematika saat ini diupayakan lebih menekankan pada pengajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa menjadi salah satu permasalahan utama yang sering dihadapi para guru karena metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode tanya-jawab yang hanya fokus pada penggunaan rumus dan perhitungan pada soal saja. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu model pembelajaran Brain Based Learning. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan. Penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dalam OneiGroup Pretest-PosttestiDesign. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 1 Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis hipotesis menggunakan uji t yaitu paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi model pembelajaran Brain Based Learning telah terlaksana dengan tiga pertemuan pembelajaran. Setiap pertemuan memuat sintaks model pembelajaran Brain Based Learning yaitu pra-pemaparan, persiapan, inisiasi-akuisisi, elaborasi, inkubasi, dan verifikasi. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebelum dengan sesudah memperoleh pembelajaran dengan model Brain Based Learning. Peningkatan nilai rata-rata hasil Pretest dan Posttest sebesar 19,313 dam milai t hitung 6,694 lebih besar dari t tabel 1,694. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Brain Based Learning, Berpikir Kritis Matematis | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2023 02:22 | ||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2023 02:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4408 |
Actions (login required)
View Item |