Pengaruh Kemampuan Number sense dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII MTs YMI Wonopringgo

Yuniarti, Ines (2023) Pengaruh Kemampuan Number sense dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII MTs YMI Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Ines Yuniarti (2619086) Bab I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ines Yuniarti (2619086) Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Menurut wawancara awal yang dilakukan peneliti dengan guru matematika MTs YMI Wonopringgo ada beberapa siswa yang tidak memiliki kemampuan number sense dan ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, sehingga siswa belum menguasai pembelajaran matematika dan kesulitan untuk menyelesaikan masalah matematika yang berhubungan dengan bilangan Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pengaruh kemampuan number sense siswa terhadap hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII MTs YMI Wonopringgo? 2) Bagaimana pengaruh pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII MTs YMI Wonopringgo? 3) Bagaimana pengaruh kemampuan number sense dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII MTs YMI Wonopringgo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan number sense dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan kelas VIII MTs YMI Wonopringgo. Kegunaan penelitian untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh kemampuan number sense dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto untuk mengetahui sebab-akibat antar variabel. Jenis penelitian kuantitatif ini digunakan dengan menerapkan intrumen tes, dan dokumentasi. Variabel bebas yang digunakan adalah kemampuan number sense dan pemahaman konsep. Sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan untuk penelitian yaitu 94 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kemampuan number sense yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai siginifikan yaitu 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi (B) sebesar 0,350 2) Terdapat pengaruh pemahaman konsep yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai siginifikan yaitu 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi (B) sebesar 0,508 3) Terdapat pengaruh kemampuan number sense dan pemahaman konsep yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai siginifikan yaitu 0,000 < 0,05 dan hasil uji koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,892.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Number Sense, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:22
Last Modified: 13 Nov 2023 02:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4427

Actions (login required)

View Item View Item