Nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi manaqiban Majelis Al Barzakh di Kelurahan Medono Kota Pekalongan

Sokhari, Sokhari (2019) Nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi manaqiban Majelis Al Barzakh di Kelurahan Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Manaqib berasal dari bahasa arab dari lafadh naqaba, naqobu,naqban yang artinya menyelidiki, melubangi, memeriksa, dan menggali.Kata manaqib jamak dari lafadh manaqibun yang merupakan isim makan dari lafadh naqaba. Kegiatan tradisi manaqiban majelis al Barzakh di kelurahan Medono kota Pekalongan merupakan sarana ukhuwah Islamiyah antar anggota masyarakat, selain sebagai kegiatan keagamaan di kelurahan tersebut di dalam kegiatan tradisi manaqiban juga terdapat nilai-nilai pendidikan yang belum banyak diketahui oleh warga masyarakat kelurahan Medono kota Pekalongan. Dalam penelitian ini dipaparkan dua permasalahan yaitu Bagaimana proses pelaksanaan tradisi manaqiban majelis al Barzakh di kelurahan Medono kota Pekalongan? Apa nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi manaqiban majelis al Barzakh di kelurahan Medono kota Pekalongan? Adapun kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi jamaah maupun panitia penyeleggaraan kegiatan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jilani dan para aktifis dakwah di majelis dalam menjadikannya sebagai kegiatan dakwah yang lebih baik ke depannya.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research)karena peneliti terjun langsung kelokasi yang dijadikan objek penelitian yaitu Majelis Al Barzakh di kelurahan Medono kota Pekalongan. Teknik Pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Setelah data tersebut dipelajari dan ditelaah, langkah berikutnya adalah mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi. Langkah selanjutnya adalah menyusun dalam satuan-satuan (display data). Satuan-satuan itu kemudian dikategorikan pada langkah berikutnya. Kategori-kategori itu dilakukan sambil membuat koding. Tahap akhir dari analisis data ini adalah mengadakan pemeriksaan keabsahan data (verifikasi data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelakasanaan tradisi manaqiban majelis Al Barzakh di kelurahan Medono kota Pekalongan meliputi pemberian muqoddimah atau motivasi dan semangat kepada jamaah, membaca Syahadat danIstighfar, proses pembacaan manaqib dengan didahului hadhoroh, pembacaan manaqib, pembacaandoa, mauidhoh hasanah, pembagian air doa sekaligus ramah tamah sambil menikmati hidangan.Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi manaqiban majelis Al Barzakhdi kelurahan Medono kota Pekalongan adalah nilai iman kepada Allah, nilai cinta kepada Rosulullah, nilai kezuhudan, nilai silaturrahmi dan ukhuwah Islamiyah, nilaiamaliah, nilaidakwah, nilai tholabulilmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: manaqib, nilai-nilai pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 12 May 2020 07:00
Last Modified: 12 May 2020 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item