Amelia, Shinta (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wiradesa Pada Materi Peluang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619029-SHINTA_COVER_BAB1-BAB 5_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5MB) |
|
Text
2619029_SHINTA AMELIA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Sebagian siswa masih mengalami kesulitan saat memahami rumus matematika. Jika siswa ditanya suatu rumus matematika mereka tidak langsung menjawab, bahkan ada yang mengatakan lupa rumus dan salah menggunakannya serta kesulitan dalam memahami konsep pada soal yang diberikan. Hal tersebut disebabkan karena mereka takut dan merasa sungkan untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wiradesa pada materi peluang, (2)untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan metode tutor sebaya pada materi peluang kelas VIII SMP Negeri 1 Wiradesa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menguji teori ilmu pendidikan yaitu pengaruh metode tutor sebaya dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan menambahkan khasanah ilmu pengetahuan dan memperkaya hasil penelitian yang telah ada, serta sebagai bahan telaah pustaka penelitian selanjutnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Eksperimental Desain dengan menggunakan satu kelas untuk melihat hasil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Wiradesa. Desain yang digunakan adalah One-Group Pre test-Post test, yaitu dilaksanakan tanpa menggunakan kelompok kontrol atau kelompok pembanding. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes tulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik untuk meninjau hasil penerapan metode pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh N-Gain kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 0,68 tergolong kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis materi Peluang pada siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Wiradesa dengan skor rata-rata pretest sebesar 59,44 dan rata-rata nilai posttest sebesar 86, maka terdapat peningkatan skor rata-rata hasil pretest-posttest siswa yaitu sebesar 26,56.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Komunikasi, Matematis, dan Peluang. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4506 |
Actions (login required)
View Item |