Strategi kepemimpinan dan suksesi pada bisnis keluarga di rumah makan berkonsep syariah ditinjau dari persprektif manajemen bisnis islam (studi kasus RM. Garang Asem H. Masduki)

Syaufii, Farah Fadillah (2023) Strategi kepemimpinan dan suksesi pada bisnis keluarga di rumah makan berkonsep syariah ditinjau dari persprektif manajemen bisnis islam (studi kasus RM. Garang Asem H. Masduki). Masters thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
5420001-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
5420001-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tercapainya tujuan bisnis ditentukan oleh pemimpin yang baik dengan gaya kepemimpinan yang tepat. Dalam bisnis keluarga, pergantian kepemimpinan atau proses suksesi menjadi penting untuk memastikan keberlangsungan bisnis. Karena keberhasilan strategi kepemimpinan suksesor dan strategi suksesi akan menentukan masa depan perusahaan. Berbeda dengan bisnis konvensional, dalam Islam memimpin dan mengelola bisnis mengacu pada Al-Quran & Hadis. Hal ini untuk memastikan pemimpin bisnis berjalan sesuai dengan manajemen bisnis Islam. Rumusan permasalahan: 1) Bagaimana strategi kepemimpinan pada bisnis keluarga di rumah makan berkonsep syariah ditinjau dari perspektif manajemen bisnis Islam? 2) Bagaimana strategi suksesi pada bisnis keluarga di rumah makan berkonsep syariah ditinjau dari perspektif manajemen bisnis Islam? 3) Mengapa strategi kepemimpinan di RM. Masduki dapat menjaga keberlangsungan usaha sampai dengan generasi ketiga? Tujuan penelitian: menganalisis strategi kepemimpinan pada bisnis keluarga RM. Masduki dilihat dari perspektif manajemen bisnis Islam, menganalisis strategi suksesi pada bisnis keluarga RM. Masduki dilihat dari perspektif manajemen bisnis Islam, dan menganalisis strategi kepemimpinan di RM. Masduki sehingga dapat menjaga keberlangsungan usaha sampai dengan generasi ketiga. Kegunaan penelitian: menjadi model acuan tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan yang sesuai dengan manajemen bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan metode triangulasi: sumber, teknik dan data. Analisis data dengan tiga jalur: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan: 1) Kepemimpinan RM. Masduki dijalankan dengan mengimplementasikan prinsip syariah dengan memasukkan unsur religiusitas ke dalam pengelolaan SDM-nya 2) Strategi suksesi pada RM. Masduki dilakukan dengan pola suksesi Informal Planned Succession. Suksesi ini dilakukan dengan cara konvensional, tetapi dengan menerapkan nilai-nilai yang ada dalam manajemen bisnis Islam. 3) Faktor pendukung strategi kepemimpinan di RM. Masduki: a) Profesionalitas, b) Kekeluargaan, c) Birru al-walidain, d) Mentoring langsung dari pemimpin tertinggi, e) Inovasi, f) Dukungan dari seluruh anggota keluarga. Faktor penghambat strategi kepemimpinan di RM. Masduki: a) Belum menguasai perdapuran, b) Dualisme kepemimpinan, c) Ketergantungan kepada pimpinan tertinggi, d) Budaya ewuh pakewuh, e) Kesulitan pembagian waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAdinugraha, Hendri HermawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepemimpinan, Suksesi, Bisnis Keluarga, Manajemen Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:56
Last Modified: 16 Nov 2023 01:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item