Pengaruh pembiayaan syariah, sdm, dan strategi pemasaran terhadap kemajuan umkm dengan pola sikap jujur sebagai variabel moderating

Marom, Khusnul (2023) Pengaruh pembiayaan syariah, sdm, dan strategi pemasaran terhadap kemajuan umkm dengan pola sikap jujur sebagai variabel moderating. Masters thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
5420008-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
5420008-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemajuan usaha merupakan sebuah istilah lain mengenai berkembangnya usaha. Perkembangan usaha adalah suatu bentuk usaha kepada usaha itu sendiri agar dapat berkembang menjadi lebih baik lagi dan agar mencapai pada satu titik atau puncak menuju kesuksesan. Dalam memajukan usaha, seorang wirausaha tentulah memiliki beberapa hambatan seperti masalah permodalan, sumber daya manusia dan strategi pemasaran. Berkaitan dengan faktor-faktor diatas, dalam menjalankan kegiatan wirausaha biasanya seseorang akan dihadapi oleh berbagai permasalahan yang dihadapi sehingga menguji kejujurannya dalam berwirausaha, apabila usaha di dilakukan dengan landasan dengan kejujuran maka dengan sendirinya akan membawa dampak yang sangat baik untuk usaha itu sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dibuat rumusan masalah yaitu apakah pembiayaan lembaga keuangan syariah, sumber daya manusia, dan strategi pemasaran berpengaruh terhadap kemajuan usaha UMKM? Serta apakah pembiayaan lembaga keuangan syariah, sumber daya manusia, dan strategi pemasaran berpengaruh terhadap kemajuan usaha UMKM dengan pola sikap jujur sebagai variabel moderating? Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh pembiayaan lembaga keuangan syariah, sumber daya manusia, dan strategi pemasaran terhadap kemajuan usaha UMKM? Serta bagaimana pengaruh pembiayaan lembaga keuangan syariah, sumber daya manusia, dan strategi pemasaran terhadap kemajuan usaha UMKM dengan pola sikap jujur sebagai variabel moderating?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan serta pengaruh antar variabel. Penelitian ini dilakukan kepada 95 pelaku usaha UMKM di Kota Pekalongan dengan menggunakan angket dan observasi sebagai metode pengumpulan data nya serta Analisis Regresi Linier dengan Efek Moderasi sebagai alat analisisnya. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pembiayaan lembaga keuangan syariah, sumber daya manusia, dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kemajuan usaha UMKM. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber daya manusia terhadap kemajuan usaha UMKM dengan pola sikap jujur sebagai variabel moderating. Serta Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembiayaan lembaga keuangan syariah dan strategi pemasaran terhadap kemajuan usaha UMKM dengan pola sikap jujur sebagai variabel moderating. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dikemukakan saran bagi peneliti selanjutnya, yaitu untuk menambahkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap kemajuan usaha, diharapkan dapat memperluas penelitian dengan menambah jumlah sampel, serta mengembangkan model penelitian dengan metode lain, seperti eksperimen atau investigatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhtarom, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembiayaan lembaga keuangan syariah, sumber daya manusia, strategi pemasaran kemajuan, dan sikap jujur
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:11
Last Modified: 16 Nov 2023 02:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4534

Actions (login required)

View Item View Item