Kompetensi sosial guru PAI di SMP Negeri 01 Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Khusna, Fina Himmatul (2015) Kompetensi sosial guru PAI di SMP Negeri 01 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211109 FINA HIMMATUL KHUSNA BAB I -V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img] Other (Thesis)
2021211109 FINA HIMMATUL KHUSNA BAB I,V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi Oleh adanya tenaga pendidik di sekolah yang belum begitu mernahami kompetensi sosial, sebagaimana yang ditentukan dalam Undang-undang. Kompetensi sosial yaitu kemampuan guru dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama pendidik, orang tua atau wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang ilmu, dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan, tetapi guru juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia, dan masyarakat. Untuk memiliki pemahaman tentang hakikat manusia dan masyarakat, guru dituntut untuk memiliki sebuah kompetensi yang dapat menunjang tugas keprofesionalannya, dan kompetensi sosial mampu menunjang tugas keprofesionalan seorang guru. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Pemahaman Guru PAI di SMP Negeri OI Wiradesa Kabupaten Pekalongan mengenai Konsep Kompetensi Sosial? Bagaimana Kompetensi Sosial Guru PAI di SMP Negeri OI Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pemahaman Guru PAI di SMP Negeri 01 Wiradesa Kabupaten Pekalongan mengenai konsep kompetensi sosial, Untuk mengetahui kompetensi sosial guru PAI di SMP Negeri 01 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini adalah: secara teoritis, Dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi Salah satu karya tulis ilmiah yang dapat menambah khazanah keilmuan dunia pendidikan dan sebagai wawasan pengetahuan dan bahan pertimbangan dalam mutu pendidikan. Secara praktis Untuk menjadi Salah satu bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan dan peningkatan kompetensi guru PAJ, khususnya kompetensi sosial guru PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan [field research], yaitu jenis penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejalagejala yang diselidiki, data yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung maupun tidak langsung_ Adapun sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Analisis datanya menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat memahami konsep dari kompetensi sosial dengan baik sesuai dengan isi Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Adapun kompetensi sosial guru PAI di SMP Negeri 01 Wiradesa Kabupaten Pekalongan yaitu: l) selalu bersikap inklusif kepada peserta didik dan sesama pendidik, bertindak objektif dalam memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa, serta tidak diskriminatif. 2) dapat berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan sesama pendidik, peserta didlk, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakaL 3) tidak mengalami kesulitan dalam beradaptasi di tempat tugas di seluruh wilayah Republik Indonesia. 4) Guru dapat berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain baik secara lisan maupun tulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi SOsial, Guru PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:58
Last Modified: 16 Nov 2023 02:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item