Pengaruh Aplikasi Belanja Online Dan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Shopping Lifestyle Sebagai Variabel intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Alifia, Winahyu (2023) Pengaruh Aplikasi Belanja Online Dan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Shopping Lifestyle Sebagai Variabel intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119157_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
4119157_Full Text.pdf

Download (16MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aplikasi belanja online dan digital payment saat ini sudah bukan hal yang baru lagi dikalangan masyarakat, khususnya pada mahasiswa. Mahasiswa bebas mengekspresikan gaya belanja mereka saat menggunakan aplikasi belanja online dan digital payment sehingga mereka merasa aman dan nyaman. Selain itu kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi belanja online dan digital payment dapat mempengaruhi mahasiswa berperilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi belanja online dan digital payment terhadap perilaku konsumtif dengan shopping lifestyle sebagai variabel intervening pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan simple random sampling, perhitungan sampel menggunakan rumus slovin. penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dan uji analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aolikasi belanja online tidak berpengaruh signifikan terhadap shopping lifestyle. Digital payment berpengaruh signifikan terhadap shopping lifestyle. Aplikasi belanja online tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Digital payment berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dan shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan hasil pengaruh tidak langsung menggunakan path analysis menunjukkan bahwa aplikasi belanja online berpengaruh terhadap perilaku konsumtif melalui shopping lifestyle sebagai variabel intervening. Digital payment tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif melalui shopping lifestyle sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMubarok, Muhammad SultanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Belanja Online, Digital Payment, Perilaku Konsumtif, dan Shopping Lifestyle
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:33
Last Modified: 20 Nov 2023 02:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4578

Actions (login required)

View Item View Item