Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

Salim, Muhamad Agus (2015) Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211120 MUHAMAD AGUS SALIM BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Other (Thesis)
2021211120 MUHAMAD AGUS SALIM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran PAI yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bojong kurang maksimal dengan metode yang konvensional seperti Guru masih menggunakan metodc ceramah dan siswa jarang dibcri kescmpatan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Akan tetapi di SMP Negeri 1 Bojong menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam, model pembelajaran tersebut diterapkan di sekolah Ini dikarcnakan untuk memotivasi siswa dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam, supaya siswa lebih aktif, kreatif, terampil dan dapat menggali potcnsi yang ada dalam dirinya, sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam terasa mudah dan menyenangkan serta siswa dapat Inempraktikkan pembelajaran tersebut kedalam kehidupan şehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian Ini adalah Bagaimanakah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan, Bagaimanakah Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian Ini merupakan pcnelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitataif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan malisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif-induktif. Hasii penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojong Kabupatcn Pekalongan, dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, mencermati, menghayati dan mengamalkan ajaran Agama Islam supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojong berjalan dcngan baik, mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, yang scsuai dengan langkah-langkah komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran CTL, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Nov 2023 04:48
Last Modified: 17 Nov 2023 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4595

Actions (login required)

View Item View Item