Pengaruh Digitalisasi Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Transaksi Terhadap Kepuasan Anggota Pada Penggunaan Bahtera Mobile di Kspps Bmt Bahtera Cabang Batang

Fiana, Nur (2023) Pengaruh Digitalisasi Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Transaksi Terhadap Kepuasan Anggota Pada Penggunaan Bahtera Mobile di Kspps Bmt Bahtera Cabang Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4219054_Cover_Bab i dan bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4219054_Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Nur Fiana. Pengaruh Digitalisasi Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Transaksi Terhadap Kepuasan Anggota Pada Penggunaan Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang. Salah satu industri fintech yang berkembang pesat di Indonesia saat ini adalah layanan berbasis digital. KSPPS BMT Bahtera merupakan LKS yang saat ini mengkuti perkembangan zaman dengan menggunakan layanan digital berupa Bahtera Mobile. Adanya Bahtera Mobile memungkingkan anggota untuk melakukan transaksi non-tunai seperti transfer uang, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa/voucher, top-up e-wallet, dan lain sebagainya. Anggota berharap bahwa dengan adanya fitur layanan Bahtera Mobile, KSPSS BMT Bahtera akan memuaskan dan memnuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan jenis pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah anggota yang menggunakan Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 88 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan untuk menentukan sampel di penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digitalisasi Pelayanan dan Kemudahan Penggunaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Anggota yang menggunakan Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang. Sedangkan, variabel Kepercayaan dan Persepsi Risiko Transaksi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Anggota yang menggunakan Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang. Variabel Digitalisasi Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Transaksi memiliki pengaruh simultan terhadap kepuasan anggota pada penggunaan Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang. Kata Kunci : Digitalisasi Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Persepsi Risiko Transaksi, dan Kepuasan. ABSTRACT Nur Fiana. The Effect of Service Digitalization, Ease of Use, Trust, and Perception of Transaction Risk on Customer Satisfaction When Using Bahtera Mobile at KSPPS BMT Bahtera Batang Branch. One of the fintech industries that is developing rapidly in Indonesia currently is digital-based services. KSPPS BMT Bahtera is an LKS that is currently keeping up with current developments by using digital services in the form of Bahtera Mobile. The existence of Bahtera Mobile allows customers to carry out non-cash transactions such as money transfers, bill payments, credit top-ups/vouchers, e-wallet top-ups, and so on. Customers hope that with the Bahtera Mobile service features, KSPSS BMT Bahtera will satisfy and fulfill their needs. This research includes field research with a quantitative approach. Data sources are obtained from primary data. In this study, the population is members who use Bahtera Mobile at KSPPS BMT Bahtera Batang Branch. The sample used in this research was 88 people. Sampling in this study used the Purposive Sampling technique and to determine the sample in this study used the Slovin formula. To determine the accuracy of the measurements and the stability of the questionnaire parameters, the questionnaire was first tested using validity and reliability tests. The results of this research show that the variables Digitalization of Services and Ease of Use have a significant influence on Customer Satisfaction who use Bahtera Mobile at KSPPS BMT Bahtera Batang Branch. Meanwhile, the Trust and Transaction Risk Perception variables do not have a significant influence on Customer Satisfaction who use Bahtera Mobile at KSPPS BMT Bahtera Batang Branch. The variables of Service Digitalization, Ease of Use, Trust, and Transaction Risk Perception have a simultaneous influence on member satisfaction with the use of Bahtera Mobile at KSPPS BMT Bahtera Batang Branch. Keywords: Digitalization of Services, Ease of Use, Trust, Perception of Transaction Risk, and Satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniawan, Pratomo CahyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Digitalisasi Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Persepsi Risiko Transaksi, dan Kepuasan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:14
Last Modified: 20 Nov 2023 04:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4611

Actions (login required)

View Item View Item