Persepsi masyarakat tentang pendidikan agama islam di SD Negeri Pretek 01 Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang

Mufid, Abdul (2015) Persepsi masyarakat tentang pendidikan agama islam di SD Negeri Pretek 01 Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211133 ABDUL MUFID BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021211133 ABDUL MUFID FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keberadaan sebuah sekolahan sangat tergantung dari masyarakat di sekitarnya. Sekolah yang mendapat dukungan dari masyarakat akan tetap eksis dan tidak memandang sekolah itu negeri atau swasta. Dalam berbagai dukungan dari masyarakat tidak lepas yang namanya persepsi masyarakat itu sendiri terhadap Suatu pendidikan sekolah. Keberhasilan sekolahan sangat tergantung dengan kondisi masyarakat. Permasalahan yang diungkap skripsi berikut yaitu bagaimana persepsi masyarakat tentang pendidikan agama Islam dan faktor-faktor apa saja Yang mempengaruhi persepsi masyarakat tentang pendidikan agama Islam di SD Negeri Pretek 01 Kec. Pecalungan Kab. Batang. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pendidikan pada umumnya dan dapat memperkarya khasanah pendidikan khususnya Agama serta menambah wawasan pengetahuan dan pengembangan pola berfikir logis, analisis dan kreatif mengenai pokok permasalahan penelitian. Selain itu untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Bagi sekolah, dapat memberikan masukan Yang dapat dipenimbangkan dalam manajemen sekolah tersebut guna meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya peneliti menggunakan metode berdasarkan perspektif interaksionis simbolik bersifat induktif, yang berangkat dari kasuskasus bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata untuk kemudian dirumuskan menjadi model, konsep, teori prinsip, proposisi, atau definisi yang bersifat umum. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian tentang persepsi masyarakat terhadap pendidikan agama Islam di SD Negeri Pretek 01 Kec. Pecalungan Kab. Batang, dibagi menjadi tiga macam persepsi yaitu (1) Persepsi yang positif karena mereka memiliki kepentingan yang sama dalam hal keterlibatan langsung dalam proses pendidikan di SD Negeri Pretek 01. (2) Persepsi negatif muncul karena karena ekonomi dan tingkat kesadaran pendidikannya masih rendah serta tidak melibatkan langsung dalam kehidupan sekolah. (3) Persepsi netral berasal dari unsur pemerintah desa yang semata-mata karena berkeinginan untuk mewujudkan kehidupan yang maju, lebih baik dan sejahtera. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat tentang pendidikan agama di SD Negeri Pretek 01 Kec. pecalungan Kab. Batang adalah karena masih tingginya fanatisme masyarakat, masih minimnya pengetahuan dan pengalaman masyarakat Desa Pretek tentang pandidikan serta kurangnya berhubungan atau berdialog langsung dengan pendidik di SD Negeri Pretek 01 Kec Pecalungan Kab, Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusuf, MusfirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:14
Last Modified: 20 Nov 2023 02:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item