Korelasi antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan

Nismawati, Nismawati (2015) Korelasi antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211135 NISMAWATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Other (Thesis)
2021211135 NISMAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan termasuk sekolahan yang letaknya cukup strategis. Namun pada kenyataannya, di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan dekat atau tidak jauh dengan pabrik batu serta kurangnya tanaman di halaman sekolah. Kemudian kurangnya sarana dan prasarana sekolah, minimnya fasilitas dan juga terbatasnya ruang kelas. Hal tersebut mengakibatkan kuranganya konsentrasi belajar siswa. Rumusan masalah yang penuli ssusun adalah Bagaimana lingkungan belajar di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Keungwuni Pekalongan? Bagaimana minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana korelasi antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan belajar di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Untuk mengetahui minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Untuk mengetahui korelasi antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan secara teori dan dapat menambah khazanah dunia ilmu pengetahuan, khususnya bagi dunia Pendidikan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian survey, dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan guna memperoleh data Variabel X dan Variabel Y ada]ah menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil analisis terhadap lingkungan belajar di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan kategori Baik. dengan nilai yang paling dominan 55-56 dengan prosentase 47%, dengan nilai rata-rata jawaban siswa adalah 55. Dan dari hasil analisis terhadap minat belajar siswa di MA Ma'arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan kategori Baik, dengan nilai yang paling dominan 57-58 dengan prosentase 43%, dengan nilai rata-rata jawaban siswa adalah 57. Kemadian analisis tersebut diuji dengan rumus Product Moment dengan jumlah responden (N) sebesar 47 siswa. Pada taraf signifikan I % telah diketahui rh = 0.697,sedangkan rt = 0.372 sehingga n> rt atau (0.697>0.372). Pada taraf 5 % diketahui rh 0.697, sedangkan rt = 0.288 sehingga r, atau (0,697> 0,288). Dari hasil perhitungan, baik pada taraf 1% maupun5% ternyata rh (r hitung) lebih besar dari pada rt (r tabel), maka hasilnya dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan belajar, minat belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:42
Last Modified: 20 Nov 2023 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item