Pengaruh reward terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Kwagen Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Asy'ari, Muhammad (2015) Pengaruh reward terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Kwagen Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211137 MUHAMMAD ASY _ARI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Other (Thesis)
2021211137 MUHAMMAD ASY _ARI BAB I, V DAN LAMP_1 (DOne).PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Untuk memperoleh keberhasilan ketika melakukan sebuah usaha. Maka perlu adanya tindakan yaitu dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Tetapi untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil dari usaha yang diharapkan masih ada kendala yang timbul, baik dari guru maupun dari anak didik.Agar pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan yang dikehendaki semua pihak, maka diperlukan adanya pemberian rewarakepada anak didik karena dengan adanya reward anak didik akan Iebih bersemangat atau bergairah dalam mengikuti pembelajaran dan akan menumbuhkan rasa percaya diri. Dalam penelitian ini, dipaparkan tiga permasalahan antara lain: Bagaimana pemberian reward yang diberikan guru kepada siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Bagaimana rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?Bagaimana pengaruh reward terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah :Untuk mengetahui bagaimana pemberian reward yang dilakukan guru kepada siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui bagaimana rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh reward yang diberikan guru terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisanya pada data-data angka (numerical) yang diperoleh dengan metode angket. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang datanya dari peristiwa atau kejadian yang ada dilapangan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan bersifat kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Pemberian reward yang dilakukan guru kepada siswa SDN Kwagean Wonopringgo kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang pemberian reward dalam proses pernbelajaran adalah 55, apabila dimasukkan dalam interval nilai maka terletak pada interval 55-56. Kedua, Rasa percaya diri siswa SDN Kwagean Wonopringgo kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang rasa percaya diri siswa dalarn pembelajaran adalah 57, apabila dimasukkan dalam interval nilai maka terletak pada interval 57-58. Ketiga, Adanya pengaruh yang signifikan antara reward dengan rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan menguji penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5% ttable sebesar 2,042 diperoleh hasil ttest = 3,119> ttable = 2,042 dan taraf 1% ttest= 3,119 >ttable = 2,750 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara reward dengan rasa percaya diri SiSwa kelas IV dan V SDN di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sehingga semakin sering guru memberikan reward semakin besar rasa percaya diri siswa dan demikian pula sebaliknya. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reward, Rasa Percaya Diri Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:58
Last Modified: 20 Nov 2023 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item