Strategi pemasaran pada home industry batik “HT” dalam prespektif etika bisnis islam (studi kasus di Desa Simbang Wetan gang 1 No 37 Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)

Mufidah, Nur Lailatul (2018) Strategi pemasaran pada home industry batik “HT” dalam prespektif etika bisnis islam (studi kasus di Desa Simbang Wetan gang 1 No 37 Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, berkembang dan untuk mendapatkan laba, untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang serta prioritas alokasi sumber daya, strategi akan memaksimalkan keunggulan kompetitif dan meminimalkan keterbatasan baersaing. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis, tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, prosuksi, keuangan maupun bidang lain. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha batik “HT” Pekalongan dan untuk mengetahui strategi pemasaran Home Industy batik “HT” Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang etika bisnis Islam dan penerapan strategi pemasaran di batik “HT” Pekalongan sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat tanpa menguranginya. Hasil penelitian ini adalah batik “HT” Pekalongan dalam menjalankan usahanya, dilihat dari 4p variabel Bauran Pemasaran bahwa batik “HT” dalam menjalankan place kurang strategis, promotion kurang dalam pemahaman IPTEK, sedangkan dalam price dan product sudah sesuai, sedangkan dilihat dalam etika bisnis Islam, ada pula yang sesuai dan tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Untuk yang sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu bauran pemasarannya : product, price, place dan promotion. Untuk yang tidak sesuai yaitu pengelolaan limbah yang langsung dibuang ke saluran air dan tanpa ada pengolahan limbah secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 May 2020 06:55
Last Modified: 13 May 2020 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item