Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kelurahan Poncol Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan

Zahra, Alifah (2023) Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kelurahan Poncol Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2419010_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2419010_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http:/perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pentingnya Sosial-Emosional pada anak usia dini agar aktif belajar dengan berinteraksi dan mengeksplorasi teman sebaya dan orang dewasa di sekitarnya karena perkembangan manusia itu sendiri merupakan proses yang kompleks yang dapat dibagi menjadi empat bidang utama, yaitu perkembangan fisik, intelektual, yang meliputi perkembangan kognitif dan linguistik, dan perkembangan emosional dan sosial, yang juga mencakup perkembangan moral. Ini adalah proses di mana anak-anak belajar beradaptasi dengan norma, moral, dan tradisi masyarakat modern. Perkembangan sosial dan emosional yang positif membuat anak menjadi lebih sosial, belajar lebih baik dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami anak-anak dan membantu mereka memahami perasaan mereka sendiri dan perasaan anak-anak lain, sehingga mereka dapat mengembangkan rasa hormat dan kepedulian terhadap orang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) peran orang tua sebagai pendidik sangat berperan penting dengan memberikan perkembangan sosial emosional yang optimal dan orang tua mampu mengembangkan sesuai indikator yang mencakup sikap empati, sikap kemandirian, sikap sosial emosional dan kepercayaan diri. (2) peran orang tua sebagai pembimbing sangat berperan penting dengan membimbing, mengajarkan anak-anak untuk memahami perasaan orang lain dan orang tua mampu mengembangkan sesuai indikator yang mencakup sikap empati, sikap kemandirian, sikap sosial emosional dan kepercayaan diri. (3) peran orang tua sebagai fasililator memberikan fasilitas yang mendukung kegiatan anak. Orang tua mampu mengembangkan sesuai indikator yang mencakup sikap empati, sikap kemandirian, sikap sosial emosional dan kepercayaan diri. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peran orang tua yaitu internal dan eksteranl. Pada internal meliputi (1) gaya pengasuhan (2) komunikasi (3) model peran orang tua. Sedangkan, pada eksternal meliputi (1) lingkungan (2) pengalaman sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Emosional, Peran Orang Tua, Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:39
Last Modified: 20 Nov 2023 06:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item