Peran Pengawas Madrasah dalam Menyiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Rifa'i, Much. Rachmat (2023) Peran Pengawas Madrasah dalam Menyiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5321001 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (847kB)
[img] Text
5321001 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran penting pengawas madrasah dalam menyiapkan kurikulum merdeka di MI se-kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, untuk menganalisis pelaksanaan mekanisme supervisi pengawas madrasah dalam menyiapkan implementasi kurikulum merdeka di MI se-kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, untuk menganalisis peran pengawas madrasah dalam menyiapkan implementasi kurikulum merdeka di MI se-kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis field research melalui deskriptif analisis. Subyek penelitian di dilakukan di 5 MI yang terletak di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi pengawas dalam implementasi kurikulum merdeka yaitu pengawas memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan madrasah. Mekanisme supervisi yang dilakukan oleh pengawas dalam implementasi kurikulum merdeka terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Peran pengawas dalam implementasi kurikulum merdeka terdiri dari supervisi akademik, supervisi manajerial, dan supervisi penelitian dan pengembangan. Di aspek supervisi akademik pengawas membimbing dan membina guru-guru untuk membuat perencanaan pembelajaran yang berdasarkan pada karakteristik kurikulum merdeka. Di aspek manajerial, pengawas membimbing dan membina kepala madrasah dalam membuat KOM dan program-program madrasah yang lain dalam menyiapkan kurikulum merdeka. Sedangkan diaspek supervisi penelitian dan pengembangan, pengawas memotivasi kepada kepala madrasah dan guru-guru untuk melakukan dan membuat best practice terkait dengan implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, Sopiah197107072000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, Umi19840710202001D2023UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peran pengawas, implementasi kurikulum merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:38
Last Modified: 22 Nov 2023 09:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item