Zulfa, Wildina Fairus (2023) Pendidikan Nilai Pada Budaya Bersalaman Dalam Interaksi Peserta Didik Dan Guru Di Sd Negeri 01 Pelutan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119013_COVER_BAB 1 DAN BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2119013_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Zulfa, Wildina Fairus. 2119013. 2023. Pendidikan Nilai Pada Budaya Bersalaman Dalam Interaksi Peserta Didik dan Guru di SD Negeri 01 Pelutan Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Nunung Hidayati,M.Pd. Pendidikan diharapkan berperan penting dalam membesarkan peserta didik dan menanamkan karakter yang baik. Bersalaman adalah suatu adab seseorang terhadap orang yang dianggap lebih tua darinya sebagai bentuk penghormatan, sopan santun, dan tanda kasih sayang. Budaya bersalaman di sekolah dibentuk untuk menjaga karakter peserta didik agar selalu bersikap sopan santun dan hormat terhadap sesama dan utama terhadap para guru. SD Negeri 01 Pelutan sudah menerapkan budaya bersalaman untuk meningkatkan dan mengembangkan nilai karakter yang baik pada peserta didik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan budaya bersalaman peserta didik terhadap guru di SD Negeri 01 Pelutan? Apa saja nilai yang terkandung dalam budaya bersalaman peserta didik terhadap guru di SD Negeri 01 Pelutan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat budaya bersalaman terhadap guru di SD Negeri 01 Pelutan? adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya bersalaman peserta didik terhadap guru di SD Negeri 01 Pelutan, untuk mengetahui apa saja nilai karakter yang terkandung dalam budaya bersalaman peserta didik terhadap guru di SD Negeri 01 Pelutan, dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung budaya bersalaman terhadap guru di SD Negeri 01 Pelutan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya melalui tiga tahap yaitu kondesasi data, proses penyajian data, dan proses menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : (1) Dalam penerapan budaya bersalaman yang setiap harinya sudah menjadi kebiasaan di SD Negeri 01 Pelutan Pemalang, yaitu mulai dari kegiatan bersalaman sebelum memasuki jam pembelajaran, yaitu bersalaman pada saat berbaris, kegiatan bersalaman pada waktu pulang sekolah dengan bersalaman saat kegiatan belajar mengajar selesai, dan kegiatan bersalaman secara spontan. (2) Nilai karakter budaya bersalaman di SD Negeri 01 Pelutan yaitu mengandung nilai disiplin dan nilai bersahabat/komunikatif. (3) Faktor penghambat dari budaya bersalaman adalah kurangnya kompetensi guru dan kurangnya kedisiplinan peserta didik. Sedangkan faktor pendukung yaitu keteladanan guru, dan dukungan keluarga, didikan yang diberikan oleh orang tua dan juga keharmonisan dalam keluarga menjadi salah satu faktor utama dalam membentuk karakter yang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pendidikan Nilai, budaya bersalaman. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2023 08:06 | ||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2023 08:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4694 |
Actions (login required)
View Item |