Studi komparasi prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal diluar pesantren di MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015

Latif, Muh. Nasrul (2015) Studi komparasi prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal diluar pesantren di MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211138 MUH NASRUL LATIF BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Other (Thesis)
2021211138 MUH NASRUL LATIF BAB I, V DAN LAMP_1 (Done).PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar semakin terasa penting untuk dikaji, karena mempunyai beberapa fungsi utama. Penama, prestasi belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasi siswa. Apabi1a prestasi belajar siswa baik berarti siswa mempunyai kualitas dan kuantitas pengetahuan yang baik, begitu pula sebaliknya apabila prestasi belajar siswa itu rendah berarti kualitas dan kuantitasnyapun rendah. Keberadaan siswa di MA Ribatul Muta'alIImIn Pekalongan bila dilihat dari sisi tempat tinggalnya dapat dikelompokan menjadi dua yaitu siswa yang tinggal dipesantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren atau yang tinggal bersama orang manya. Secara teoritik siswa yang tinggal di pesantren dalam prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang tinggal di luar pesantren, Itü dikarenakan karena situasi lingkungan di pesantren mendukung untuk para siswa yag tinggal di dalamnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan siswa yang tinggal di luar pesantren mendapat prestasi yang lebih baik dari siswa yang tinggal di pesantren karena banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan yang tinggal di pesantren tahun ajaran 2014/2015, bagaimana prestasi belajar siswa MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan yang tinggal di luar pesantren tahun ajaran 2014/2015, bagaimana perbandingan prestasi belajar siswa MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal diuar pesantren tahun ajaran 2014/2015. Penelitian Ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian Ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 283 siswa, yang terdiri dari 105 siswa yang tinggal di pesantren dan 178 siswa yang tinggal di luar pesantren. Dalam penelitian Ini penulis mengambil sampel dari populasi sehingga yang menjadi şampel siswa yang tinggal dipesantren adalah x 105 siswa yaitu sebanyak 16 siswa, sedangkan siswa yang tinggal di luar pesantren 150/0 x 178 siswa yaitu 26 siswa. Metode untuk mengumpulkan data menggunakan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic dengan rumus tes 't' untuk menyatakan adanya perbandingan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal diluar pesantren di MA Ribatul Muta' alümin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, M. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi, prestasi belajar, pondok pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:47
Last Modified: 20 Nov 2023 07:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item