Strategi Pemasaran Dan Literasi Keuangan Syariah Dalam Meningkatkan Anggota Nasabah (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha (KSU) Kota Santri Cabang Kajen)

Utami, Duwi (2023) Strategi Pemasaran Dan Literasi Keuangan Syariah Dalam Meningkatkan Anggota Nasabah (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha (KSU) Kota Santri Cabang Kajen). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119138_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4119138_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur,ac,id/

Abstract

DUWI UTAMI. Strategi Pemasaran Dan Literasi Keuangan Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Nasabah (Studi Kasus Di Koperasi Serba Usaha (KSU) Kota Santri Cabang Kajen). Persaingan keuangan di Indonesia memerlukan strategi dalam menghadapi persaingan antar lembaga keuangan. KSU Kota Santri Cabang Kajen merupakan salah satu lembaga keuangan yang menghadapi persaingan ini. Hal itu terlihat dari fluktuatif naik turunnya jumlah anggota atau nasabah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran dan literasi keuangan syariah dalam meningkatkan anggota nasabah di KSU Kota Santri Cabang Kajen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data dilakukan dengan pegumpulan data, reduksi data, dan kemudian pennyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSU Kota Santri Cabang Kajen dalam melakukan pemasaran menggunakan bauran pemasaran 4p yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Strategi yang dilakukan dengan sosialisasi secara langsung dan sosialisasi secara tidak langsung. Adapun sosialisasi yang dilakukan secara langsung yaitu dengan mendatangi dan menjelaskan secara langsung kepada anggota nasabah atau calon anggota nasabah. Sedangkan sosialisasi secara tidak langsung menggunakan brosur. Strategi literasi keuangan syariah yang dilakukan menggunakan cara dengan memberikan sosialisasi dan edukasi secara langsung dengan mengadakan seminar di kantor dan menjelaskan secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Literasi Keuangan Syariah, Meningkatkan Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:54
Last Modified: 21 Nov 2023 03:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View Item View Item