Pengembangan produk melalui konsep halal fashion(studi pada produsen Batik Huza di kota Pekalongan)

Setianingsih, Rini (2019) Pengembangan produk melalui konsep halal fashion(studi pada produsen Batik Huza di kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perkembangan Halal Lifesyle memasuki babak baru yaitu ditandai berkembangnya industri halal, salah satunya industri halal fashion. Di dalam kondisi persaingan, sangat berbahaya bagi suatu perusahaan bila hanya mengandalkan yang ada tanpa usaha tertentu untuk pengembangannya. Oleh karena itu, pengembangan produk perlu dilakukan untuk setiap perusahaan di dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Namun terdapat pula kendala yg dihadapinya. Batik Huza adalah perusahaan yang bergerak dibidang fashionyang sudah berdiri selama kurang lebih tiga puluh empat tahun, sehingga sudah banyak pengalaman dan proses pengembangan produk yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan produsen Batik Huza tentang halal fashion? Bagaimana pengembangan produk yang dilakukan Batik Huza ditinjau dari segi konsep halal fashion? Dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala produsen batik Huza dalam mengembangkan produknya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data aktual yang relevan atau sumber data (primer maupun sekunder) dan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di Batik Huza Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep halal fashion yang diterapkan Batik Huza meliputi beberapa indaktor yaitu bahan baku, model, dan proses pengolahan produksi. Pengembangan produknya sendiri berkembang dari produk batik rumahan kepada produk untuk usia produktif milenial. Pengembangan produk yang dilakukan Batik Huza meliputi tiga hal, yaitu dari segimotif, model dan baha baku produksinya.Produk Batik Huza yang sering dikembangangkan yaitu produk fashion wanita meliputi baju kantor atau kemeja dan juga hem pria. Jika ditinjau dari segi konsep halal fashion, produk Batik Huza hanya memenuhi sebagian dari kriteria halal fashion. Dalam perkembangannya terdapat kendala berupa ketersediaan bahan baku dan harga produk bahan baku maupun bahan penunjang produksi lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorChaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Produk, Halal Fashion
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 May 2020 07:08
Last Modified: 13 May 2020 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item