Persepsi para ulama terhadap pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran Kedungwuni Pekalongan

Khabibah, Ummu (2016) Persepsi para ulama terhadap pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211162 UMMU KHABIBAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Other (Thesis)
2021211162 UMMU KHABIBAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Persepsi merupakan proses yang diawali dari penglihatan atau proses di mana seseorang menerima menangkap suatu informasi terhadap apa yang ia lihat yang kemudian diinterpretasikan oleh orang tersebut sesuai dengan apa yang ia ketahui dari apa yang ia lihat. Begitu pula dalam al-qur'an juga telah disebutkan bahwa persepsi diawali dari penglihatan dan pengindraan. Ulama' yaitu orang yang mempunya ilmu, menjadi tokoh, dan suri tauladan bagi masyarakat. Pembinaan terhadap remaja putus sekolah adalah sebuah proses yang dilakukan oleh ulama atau kelompok masyarakat untuk memperbaiki kenakalan remaja yaitu suatu perbuatan yang dilakukan oleh anak yang berusia 12-21 tahun yang dianggap menyimpang dari norma agama, hukum, maupun moral. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah l) bagairnzna pembinaan remaja putus sekolah di desa tosaran kedungwuni?; 2) faktor-faktor apa yang menyebabkan diadakannya pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran?; dan 3) bagaimana pei-sepsi para ulama' terhadap pembinaan remaja putus sekelah di Desa Tosaran? Tujuan penelitian ini adalah untuk l) mendeskripsikan pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran; 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja di desa tosaran; 3) mendeskripsikan persepsi ulama terhadap pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dan orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) adalah bahwa penelitian berangkat ke 'lapangan' untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokurnentasi. Hasil penelitian ini adalah l) pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran Kecamatan Kedungwuni dilakukan dalam berbagai bentuk- bentuk pembinaan tersebut antara lain, yaitu pengajian, diskusi, pelatihan, permainan, dan olahraga; 2) faktor-faktor yang menjadi penyebab dilakukannya pembinaan terhadap remaja putus sekolah adalah dilihat dari keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat; dan 3) persepsi ulama terhadap pembinaan remaja putus sekolah di Desa Tosaran ini, yaitu persepsi positif, persepsi negatif, dan persepsi netral. Persepsi positif adalah sikap dan tanggapan yang serba positif dalam menggambarkan pembinaan remaja putus sekolah; persepsi negatif adalah komentar yang serba negatif dalarn menggambarkan pembinaan; dan persepsi netral yaitu kesan atau pendapat yang bersifat netral dalam menggambarkan pembinaan yang telah dilakukan. Penelitian ini mempunyai saran kepada ulama' dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan kualitas sdm remaja putus sekolah di Desa Tosaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi ulama, pembinaan remaja, putus sekolah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:08
Last Modified: 21 Nov 2023 04:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4737

Actions (login required)

View Item View Item