Pelaksanaan Bimbingan Multikultural Dalam Mengembangkan Perilaku Toleransi Antar Umat Beragama Bagi Siswa Beda Agama di Sma Negeri 3 Kota Pekalongan

Munisa, Naila Hulli (2023) Pelaksanaan Bimbingan Multikultural Dalam Mengembangkan Perilaku Toleransi Antar Umat Beragama Bagi Siswa Beda Agama di Sma Negeri 3 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3519061_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3519061_Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Munisa, Naila Hulli. 2023. Pelaksanaan Bimbingan Multikultural Dalam Mengembangkan Perilaku Toleransi Antar Umat Beragama Bagi Siswa Beda Agama Di SMA Negeri 3 Kota Pekalongan. Skripsi. Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dr. Maskhur, M.Ag Kata kunci : Toleransi Siswa, Bimbingan Multikultural Toleransi merupakan sikap yang harus dibangun sejak dini dari mulai lingkungan sekolah. Membangun sikap yang toleransi bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan hal yang baik dan buruk ketika dilakukan tetapi juga menumbuhkan kesadaran yang baik dan buruk dikesehariaannya. Siswa SMA masih usia pelajar remaja dimana masa remaja adalah fase yang masih tidak stabil atau sangat mudah terpengaruh emosinya, sehingga memerlukan perhatian yang khusus karena pada fase ini setiap individu sedang mencari jati dirinya yang disesuaikan dengan pengaruh lingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi toleransi antar umat beragama bagi siswa beda agama di SMAN 3 Pekalongan dan bagaimana pelaksanaan Pelaksanaan bimbingan multikultural bagi siswa beda agama di SMAN 3 Pekalongan, guna untuk mengembangkan perilaku toleransi siswa antar umat beragama. Tujuan penelitian ini mengetahui kondisi toleransi siswa serta bagaimana bimbingan multikultural tersebut dapat mengembangkan perilaku toleransi antar siswa beda agama. Manfaat penelitian ini secara teoritis untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan bimbingan penyuluhan Islam khususnya dalam mengembangkan perilaku toleransi antar umat beragama, sedangkan secara praktis bagi peserta didik, guru BK, bagi pembimbing agama, dan peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendakatan fenomenologi. Dalam penelitian ini terdiri dari sumber data yaitu sumber data primer dan data sekunder, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu bahwa kondisi toleransi antar umat beragama bagi siswa SMAN 3 Pekalongan masih terdapat perselisihan. Adapun bimbingan multikultural yang diterapkan untuk mengembangkan perilaku toleransi yaitu melalui bentuk layanan bimbingan kelompok, melalui bentuk layanan tersebut siswa dapat bertukar pikiran dan pendapat mengenai solusi yang dapat mengembangkan perilaku toleransi. Dan setelah dilakukan bimbingan multikultural perilaku toleransi antar umat beragama siswa SMAN 3 Pekalongan menjadi lebih baik dan tidak ada perselisihan. ABSTRACT Munisa, Naila Hulli. 2023. Multicultural Guidance Services in Developing Inter-Religious Tolerant Behavior for Students of Different Religions at SMA Negeri 3 Pekalongan City. Department of Islamic Extension Guidance KH State Islamic University. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dr. Maskur, M.Ag Keywords: Student Tolerance, Multicultural Guidance Tolerance is an attitude that must be developed from an early age, starting in the school environment. Building a tolerant attitude is not just about providing knowledge of what is good and bad when done but also fosters awareness of what is good and bad in everyday life. High school students are still teenagers, where adolescence is a phase that is still unstable or very easily influenced by emotions, so it requires special attention because in this phase each individual is looking for his or her identity which is adapted to the influence of the surrounding environment. The formulation of the problem in this research is what is the condition of inter-religious tolerance for students of different religions at SMAN 3 Pekalongan and how to implement multicultural guidance services for students of different religions at SMAN 3 Pekalongan, in order to develop tolerant behavior among students between religious communities. The aim of this research is to determine the condition of students' tolerance and how multicultural guidance can develop tolerant behavior between students of different religions. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach. This research consists of data sources, namely primary data sources and secondary data sources, while data collection techniques use observation, interviews, documentation and data analysis which includes data reduction, data presentation, drawing conclusion. The results of the research are that the condition of inter-religious tolerance for students at SMAN 3 Pekalongan still contains disputes. The multicultural guidance that is applied to develop tolerans behavior is through the form of group guidance service, through this from of service studenst can exchange ideas and opinions regarding solutions that can develop tolerant behavior. And after carrying out multicultural guidance, the tolerant behavior between religious communities of SMAN 3 Pekalongan students became better and there were no disputes.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Toleransi Siswa, Bimbingan Multikultural
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:05
Last Modified: 21 Nov 2023 06:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item View Item