Analisis strategi promosi bisnis Online pada Batik Laras ditinjau dari Etika Bisnis Islam.

Hanifah, Hikmatul (2019) Analisis strategi promosi bisnis Online pada Batik Laras ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan atas program – program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar guna memenuhi kebutuhan perorangan atau kelompok berdasarkan asas saling menguntungkan, melalui pemanfaatan produk, promosi dan distribusi. Dalam fenomena yang ada banyak fenomena etika bisnis yang dilanggar, yang sebelumnya secara promosi dalam bisnis online menyatakan produk atau jasa yang menarik konsumen dengan produk yang baik dan tidak ada cacat fisik ternyata banyak kasus yang didapati setelah menerima barang tidak sesuai yang dipromosikan sebelumnya oleh pihak penjual. Di dalam promosi pastinya penting menerapkan etika bisnis untuk bisa memberikan kenyamanan terhadap konsumennya, adapun beberapa prinsip dalam etika bisnis yang harus didasari yaitu salah satunya harus Unity (Kesatuan), Equilibrium (Keseimbangan), Free Will (Kebebasan Berkehendak), Responsibility (Bertanggung Jawab), Benevolence (Kebenaran) Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi promosi bisnis online pada toko Batik Laras ditinjau dari etika bisnis islam Kegunaan secara teoritis Untuk menambah ilmu pengetahuan terkait tentang bagaimana mengetahui strategi promosi bisnis online dan implementasi promosi bisnis online yang di tinjau dari etika bisnis islam. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Periklanan dengan melalui media sosial contoh di akun media sosial instagram, facebook dan Whatshapp. Personal selling, yang dimaksud bahwa Batik Laras Pekalongan selain melakukan promosi lewat media sosial di Batik Laras juga melakukan promosi melalui tatap muka atau lebih memperkenalkan produk ke masyarakat. Sales promotion, Batik Laras Pekalongan memberikan diskon 30% sampai 50% kekonsumen atau reseller. Publicity, Dalam publisitas yang dilakukan memperkenalkan produknya ke konsumen secara face to face. Implementasi Promosi Bisnis Online Pada Batik Laras Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam dalam Batik Laras implementasi promosi bisnis online yang ditinjau secara etika bisnis islam dalam praktek bisnisnya menggunakan 4 prinsip yaitu (Unity) kesatuan, (Equilibrium) keseimbangan, (Free Will) kebebasan berkehendak dan (Benevolence) Kebenaran. Sedangkan prinsip dalam etika bisnis islam (Responsibility) tanggung jawab tidak digunakan dalam implementasi promosi bisnis online di Batik Laras Pekalongan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, bisnis online
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 13 May 2020 07:27
Last Modified: 13 May 2020 07:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item