Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas produk, dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kota Pemalang)

Tika, Atika Isfirani (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas produk, dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kota Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219026_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4219026_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac./#

Abstract

ATIKA ISFIRANI. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas Produk dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kota Pemalang). Perbankan syariah adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah Islam. Indonesia yang sebagian penduduknya adalah muslim memberikan ruang yang cukup lebar bagi perkembangan bank syariah. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Lembaga keuangan atau perbankan itu sendiri. Tercapainya tujuan tersebut ditentukan oleh efisiensi kinerja operasional bank. Operasional bank syariah merupakan perpaduan antara aspek moral dan aspek bisnis yang bertujuan mendapatkan profit dari setiap usahanya serta menghindari bunga. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Oleh karena itu variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas Produk dan Literasi Keuangan Syariah dan Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pemalang. Sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan menurut rumus Lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner dan penyebaran angket yang dibagikan langsung kepada nasabah Bank Syariah Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 sebagai pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan customer service berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil 12,695, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil 13,325, literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil 14,406, loyalitas nasabah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 16,924, selain itu, kualitas pelayanan customer service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 13,470, kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 16,791, literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 19,382, selain itu kepuasan nasabah juga dapat memediasi antara ketiga variabel tersebut. Kata Kunci: Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas Produk, Literasi Keuangan Syariah, Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTika, Atika IsfiraniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ATIKA ISFIRANI. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas Produk dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kota Pemalang). Perbankan syariah adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah Islam. Indonesia yang sebagian penduduknya adalah muslim memberikan ruang yang cukup lebar bagi perkembangan bank syariah. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Lembaga keuangan atau perbankan itu sendiri. Tercapainya tujuan tersebut ditentukan oleh efisiensi kinerja operasional bank. Operasional bank syariah merupakan perpaduan antara aspek moral dan aspek bisnis yang bertujuan mendapatkan profit dari setiap usahanya serta menghindari bunga. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Oleh karena itu variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas Produk dan Literasi Keuangan Syariah dan Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pemalang. Sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan menurut rumus Lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner dan penyebaran angket yang dibagikan langsung kepada nasabah Bank Syariah Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 sebagai pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan customer service berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil 12,695, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil 13,325, literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil 14,406, loyalitas nasabah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 16,924, selain itu, kualitas pelayanan customer service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 13,470, kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 16,791, literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan hasil 19,382, selain itu kepuasan nasabah juga dapat memediasi antara ketiga variabel tersebut. Kata Kunci: Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service, Kualitas Produk, Literasi Keuangan Syariah, Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:46
Last Modified: 21 Nov 2023 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4755

Actions (login required)

View Item View Item