Korelasi antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis al-qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang

Hardiyanti, Vanny Perwita (2015) Korelasi antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis al-qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211167 VANNY PERWITA HARDIYANTI BAB I - V _ LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021211167 VANNY PERWITA HARDIYANTI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran di TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang menekankan bahwa bukan hanya kemampuan membaca Al-Qur'an saja yang wajib dimiliki, akan tetapi kemampuan menulis juga wajib dimiliki. Namun pada kenyataannya, di dalam proses pembelajaran di TPQ Baiturrohim kemampuan santri dalam membaca dan menulis Al-Qur'an ini belum sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Tak sedikit santri yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an tinggi tetapi kemampuan menulis huruf Al-Qur'annya rendah. Rumusan masalah yang penulis susun adalah Bagaimana kernampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang? Bagaimana kemampuan menulis Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang? Bagaimana korelasi antara kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang. Untuk mengetahui kemampuan menulis Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang. t_Jntuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharåpkan dapat membefikan informasi dan masukan secara teori dan dapat menambah khazanah dunia ilmu pengetahuan, khususnya bagi dunia Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian survey, dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan guna memperoleh data Variabel X dan Variabel Y adalah menggunakan metode evaluasi. IJntuk mengevaluasi kemampuan membaca Al-Qur'an (Variabel X) digunakan tes praktek, dan untuk mengevaluasi kemampuan menulis Al-Qur'an (variabel Y) digunakan tes tertulis. Hasil analisis terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Baiturrohim Denasri Wetan Batang tennasuk dalam kategori Sedang, dengan nilai yang paling dominan 93-94 dengan prosentase 40%, dengan nilai rata-rata jawaban siswa adalah 93. Dan dari hasil analisis terhadap kernampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Baitunohim Denasri Wetan Batang termasuk dalam kategori Sedang, dengan nilai yang paling dominan 89-90 dengan prosentase 55%, dengan nilai ratarata jawaban santri adalah 90. Kemudian analisis tersebut diuji dengan lumus Product Moment dengan jumlah responden (N) sebesar 20 santri. Pada taraf signifikan I % telah diketahui rh = O. 787, sedangkan rt = 0.561 sehingga > rt atau (0.787 > ().561). Pada taraf 5 % diketahui rh 0.787, sedangkan rt = 0.444 sehingga rh > rt atau (0.7887 > 0.444). Dari hasil perhitungan, baik pada taraf 1% maupun 5% ternyata ril (r hitung) lebih besar dari pada r, (r tabel), maka hasilnya dapat diterima,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, menulis al-qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:55
Last Modified: 21 Nov 2023 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item