Optimalisasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan

Suroso, Suroso (2015) Optimalisasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211171 SUROSO BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021211171 SUROSO FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorgamsasian, pengarahan, dan pengawasan para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya seoptimal mungkin. Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam proses pendidikan maka diperlukan adanya manajemen pembelajamn yang baik, karena manajemen yang baik memiliki arti penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Prestasi belajar siswa sangat penting bagi siswa, guru maupun sekolah. Bagi siswa, prestasi belajar dapat dijadikan tolak ukur atas kemampuan dan keberhasilan menyerap segala pengetahuan akan keterampilan ang telah dilakukannya. Permasalahan yang ada dalam Skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan?. Bagaimana optimalisasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Siswa di SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan? Hasil penelitian ini secara teoritis sebagai bahan kajian ilmu pengetahuan dan sumbangan berharga dibidang pendidikan, khususnya penerapan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sedangkan secara praktis sebagai panduan kepada kepala sekolah dan guru mengenai pentingnya optimalisasi manajemen pembelajaran sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitan lapangan (Field Research). Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam mengananlisis data penulis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan telah mengupayakan perencanaan terhadap pembelajaran yang meliputi pengembangan kurikulum mata pelajaran yang ada di SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis serta penyiapan sumber daya pendukung lainnya (perangkat pembelajaran serta sarana dan prasarana pembelajaran). Guru SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis berusaha mengimplementasikan fungsi perencanaan sebaik mungkin dalam kegiatan pembelajaran, mengembangkan strategi pembelajaran, pengumpulan data dan informasi pendukung pembelajaran, serta pengkomunikasian rencana-rencana pembelajaran tersebut kepada pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa optimalisasi manajemen pembelajran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri Satu Atap Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan sudah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, manajemen pembelajaran, prestasi, belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:07
Last Modified: 21 Nov 2023 07:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4772

Actions (login required)

View Item View Item