Efektivitas penggunaan metode membaca KWL (know, want, learned) terhadap hasil belajar materi cita-citaku menjadi anak yang salih siswa kelas V SD Negeri 01 Silirejo Tirto Kabupaten Pekalongan

Mustaqimah, Mustaqimah (2015) Efektivitas penggunaan metode membaca KWL (know, want, learned) terhadap hasil belajar materi cita-citaku menjadi anak yang salih siswa kelas V SD Negeri 01 Silirejo Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211181 MUSTAQIMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Other (Thesis)
2021211181 MUSTAQIMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting disamping tiga keterampilan berbahasa Iainnya. Hal ini karena membaca merupakan sarana untuk mempelajari dunia lain yang diinginkan sehingga manusia bisa memperluas pengetahuan, bersenang- senang, dan menggali pesan- pesan tertulis dalam bahan bacaan.. t Dalam proses belajar mengajar di kelas V SD Negeri 01 Silirejo ketika sedang melaksanakan proses belajar, diantara siswa ada yang mengobrol bersama teman- temannya maupun bermain dengan temannya. Sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI juga kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan metode membaca KWL (know, want, learned) pada materi cita- citaku menjadi anak yang salih siswa kelas V SD Negeri 01 Silirejo Tirto Kabupaten Pekalongan, bagaimana hasil belajar materi cita- citaku menjadi anak yang salih siswa kelas V SD Negeri 01 Sihrejo Tirto kabupaten Pekalongan, bagaimana efektivitas penggunaan metode membaca KWL (know, want, learned) terhadap hasil belajar materi cita- citaku menjadi anak yang Salih siswa kelas V SD Negeri 01 Silirejo Tirto Kabupaten Pekaiongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis sebagai khasanah ilmu pengetahuan mengenai metode membaca KWL yang digunakan di dalam pengajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Secara praktis, memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan, khususnya mengenai pengaruh metode membaca KWL terhadap hasil belajar siswa dan sebagai wacana bagi guru untuk senantiasa meningkatkan efektivitas metode pengajaran. Selain itu dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada pihak sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 01 Silirejo Tirto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuntitatif, yaitu suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode survey. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan uji "t" untuk sampa yang berpasangan, atau biasa disebut dengan paired sample t test dengan rumus: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode membaca KWL cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi cita-citaku menjadi anak yang salih kelas V SD Negeri 01 Silirejo TirtO Kabupaten Pekalongan pada tahun 2014/2015, ini terbukti pada hasil analisa data dengan menggunakan rumus paired sample t test to = 4,362 lebih besar daripada ttabe! dengan angka 2,074 pada taraf signifikansi 5% dan 2,819 pada taraf signifikansil%. Sehingga Ha diterima dan menolak Ho. Jadi disimpulkan bahwa penggunaan metode membaca KWL cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar materi cita- citaku menjadi anak yang salih siswa kelas V SD Negeri 01 Silirejo Tirto Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode membaca, KWL, hasil belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:46
Last Modified: 21 Nov 2023 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item