Manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik di MIS Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Iraningsih, Dwi (2015) Manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik di MIS Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211186 DWI IRANINGSIH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Other (Thesis)
2021211186 DWI IRANINGSIH BAB I, V DAN LAMP_1 (Done).PDF

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah usaha yang dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan target yakni memberikan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu manajemen pembelajaran sangat penting sekali dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (I) Bagaimana manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan pescrta didik di MIS Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik didalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIS dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajamn Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan peserta didik aktif di MIS dadirejo Kecamatan tirto Kabupaten Pekalongan, unluk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan peserta didik aktif didalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIS dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Scdangkan kegunan penelitian ini adalah sebagai input atau pedoman bagi guru dan lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menejemen pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknikobscrvasi, İnterview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang telah di dapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen pembelajaran PAI meupakan proses pengelolaan pembelajaran agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan, baik tujuan sekolah maupun lembaga, kegiatan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaan, serta pembelajaran yang dikelola dengan manqiemen yang baik yang dan dukungan dari semua pihak sekolah maupun orang tua, sumber daya dan fasilitas pembelajaran; (2) Upaya guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik yaitu Menerapkan manajemen pembelajaran yang baik, Memilih metode dan media yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran, Menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan peserta didik şehari-hari, Menciptakan suasana pembelajaran yang menycnangkan agar peserta didik tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, Memberikan pujian, Memberikan motivasi-motivasi kepada peserta didik.Upaya Yang dilakukan Oleh guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam cukup berhasil karena setelah upaya tersebut dilaksanakan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusuf, MusfirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, upaya guru, keaktfan peserta didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:01
Last Modified: 21 Nov 2023 08:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4785

Actions (login required)

View Item View Item