Penggunaan metode sosiodrama sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam materi tarikh pada siswa kelas VI SD Negeri Rowobelang Kecamatan Batang tahun pelajaran 2025/2016

Furrohman, Imam Ari (2016) Penggunaan metode sosiodrama sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam materi tarikh pada siswa kelas VI SD Negeri Rowobelang Kecamatan Batang tahun pelajaran 2025/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211193 IMAM ARI FURROHMAN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Other (Thesis)
2021211193 IMAM ARI FURROHMAN BAB I, V DAN LAMP_1 (Done).PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tarikh merupakan salah satu materi pelajaran di dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Pernberian materi sejarah atau tarikh ini bertujuan agar siswa dapat mengetahui, memahami, menceritakan kembali, dan meneladani kehidupan tokoh yang ada di dalamnya. Sumber utama sejarah para Nabi adalah Al-Qur'an, sehingga dalam mempelajari sejarah para nabi siswa senantiasa akan belajar membaca ayat-ayat dalarn Al-Qur'an. Kuatnya daya ingat anak ini harus dimanfaatkan oleh guru sebaik-baiknya untuk menanamkan nilai-nilai positif khususnya mengenai perilaku terpuji. Dengan mempelajari sejarah para utusan dan sahabat nabi, anak didik dapat meneladani perilaku terpuji tersebut. Adapun rumusan masalah adalah: Bagaimana penerapan metode sosiodrama dalam pendidikan PAI materi tarikh pada siswa kelas VI SD Negeri Rowobelang. Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Rowobelang. Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanan metode sosiodrama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI materi tarikh pada siswa kelas VI SD Negeri Rowobelang Batang. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode sosiodrama dalam materi tarikh di SDN Rowobelang dan prestasi belajar PAI siswa kelas VI SDN Rowobelang. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat metode sosiodrama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VI SDN Rowobelang Batang. Kegunaan penelitian yaitu secara teoritis dapat memberikan garnbaran yang nyata serta pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya penggunaan metode dalam memberikan pembelajaran di sekolah. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan pendekatan PTK. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, obsewasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dari siswa dan guru. Sedangkan sumber pendukung dalam penelitian ini adalah berasal dari data administrasi yang berada di SD Rowobelang Batang. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil analisis dari penelitian yaitu bahwa Metode sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PAI materi tarikh. Hal ini terbukti dengan jumlah siswa yang masuk dalam kategori berpemahaman sangat tinggi berturut-turut pada pra siklus, siklus I, dan siklus II berjumlah 1 (5,8%), 2 (11,8%), dan 8 (47,1%). Metode sosiodrama mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PAl materi tarikh di kelas VI SI)N Rowobelang batang sebesar 41 ,2%-70,6%. Faktor pendorong pelaksanaan metode sosiodrama yaitu: guru mudah dalam mengatur kelas, adanya partisipasi siswa yang tinggi, dan tidak memerlukan media yang bermacarn-macam. Faktor penghambat yaitu: adanya persiapan yang matang, siswa kurang mampu berperan dengan baik sehingga pemahaman berkurang, serta adanya keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode sosiodrama, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:50
Last Modified: 21 Nov 2023 08:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item