Implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Diyanah, Umdatud (2016) Implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211195 UMDATUD DIYANAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Other (Thesis)
2021211195 UMDATUD DIYANAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Taman kanak-kanak adalah salah satu pendidlkan pra sekolan yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar. Taman kanak-kanak memberi kemungkinan kepada anak didiknya untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya. Metode pembelajaran TK yang dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kreativitasnya diantaranya adalah metode bermain. Kreativitas anak dapat terlihat pada saat bermain. TK Muslimat desa Kutosari merupakan salah satu TK yang menerapkan metode bermain. Penerapan metode bermain di 'TK Muslimat• dapat menumbuhkan kreativitas anak Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana implementasi metode bermain di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, (2) bagaimana bentuk kreativitas anak di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitan ini adalah: Untuk mengetahui implementasi metode bermain dan bentuk kreativitas anak-anak di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah memberikan tambahan wawasan bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis pada khususnya, dan bahan kajian orang tua, guru dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bermain di TK Muslimat Desa Kutosari sangat disukai dan mudah dilakukan oleh anak. Diantara jenis permainannya adalah permainan sentra balok dan sentra seni. Permainan Sentra balok meliputi membuat rumah-rumahan, istana dan gapura. Sedangkan permainan sentra seni misalnya membuat radio dengan tepung, membuat berbagai bentuk dengan kertas lipat. Bentuk kreativitas anak yaitu anak dapat membuat berbagai bentuk dari permainan sentra balok dan sentara seni. Jadi implementasi metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Muslimat Desa Kutosari yaitu anak-anak mempraktekkan permainan seperti pennainan sentra balok, sentra seni yang menghasilkan bermacam-macam bentuk kreativitas contohnya membuat bentuk dari kertas lipat, membuat telepon-teleponan dari gelas plastik minuman dan lain-lain, sehingga anak-anak dapat berimajinasi dan menciptakan karya-karya dengan bentuk dan hasil yang bervariasi. Anak-anak merasa senang dan bangga dengan hasil karyanya dan menunjukkan kepada teman, orang tuanya, bahwa mereka mampu mampu menghasilkan karya dengan kreativitasnya melalui metode bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode bermain, kreativitas, anak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 09:01
Last Modified: 21 Nov 2023 09:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item View Item