Gaya Belajar Peserta Didik Kelas Iii Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sdn 01 Winduaji Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Nahda, Kiki Nafila (2023) Gaya Belajar Peserta Didik Kelas Iii Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sdn 01 Winduaji Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2319072_Cover_bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319072_Full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Kiki Nafila Nahda. 2023. “Gaya Belajar Peserta Didik Kelas III Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 01 Winduaji Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Abdul Mukhlis, M. Pd. Kata Kunci: Gaya Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik akan gaya belajar mereka sendiri. Dengan kesadaran akan pentingnya gaya belajar bagi setiap peserta didik, diharapkan siswa lebih mudah untuk dapat mengatur, memahami, dan mengolah informasi yang telah ia terima. Sejauh ini ada tiga gaya belajar yang sering kita ketahui, yang pertama ada gaya belajar visual, yang kedua ada gaya belajar auditorial, dan yang ketiga adalah gaya belajar kinestetik. Kurangnya pemahaman peserta didik dan juga guru dalam mengenali jenis gaya belajar ini juga terlihat di SDN 01 Winduaji Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan jenis gaya belajar peserta didik pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas serta untuk mengetahui dan mengeksplorasi apa saja faktor penghambat dan pendukung gaya belajar peserta didik pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Jenis penelitian yang kali ini akan digunakan adalah studi kasus. Metode studi kasus merupakan suatu metode dalam penelitian kualitatif yang tujuanya untuk dapat mengeksplor kembali sebuah objek yang nyata yang juga mengumpulkan data yang detail serta menggunakan beberapa sumber informasi. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik yang telah menjadi subjek dalam penelitian ini memiliki ciri-ciri belajar yang masuk dalam beberapa jenis gaya belajar. Terdapat satu siswa yang memiliki gaya belajar visual, tiga siswa memiliki gaya belajar auditori, dan dua siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Faktor pendukung gaya belajar peserta didik kelas III di SDN 01 Winduaji yaitu adanya fasilitas sarana prasarana yang telah memadai SDN 01 Winduaji sehingga guru bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Faktor penghambat gaya belajar peserta Didik Kelas III Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 01 Winduaji yaitu guru kelas III yang belum berkomitmen sebagai perancang pembelajaran yang baik yaitu menyiapkan materi dan metode pembelajaran dengan fasilitas, kemampuan, dan kebutuhan peserta diidk serta guru kelas III belum maksimal dalam menggunakan fasilitas yang ada disekolah .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gaya Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:31
Last Modified: 21 Dec 2023 02:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item View Item