Implementasi model pembelajaran berdasarkan sentra untuk meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini di PAUD Aisyiyah Qurrota 'Ayun 03 Bina Griya Kota Pekalongan tahun ajaran 2015/2016

Shoifah, Shoifah (2016) Implementasi model pembelajaran berdasarkan sentra untuk meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini di PAUD Aisyiyah Qurrota 'Ayun 03 Bina Griya Kota Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211204 SHOFIAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (15MB)
[img] Other (Thesis)
2021211204 SHOFIAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masa anak-anak adalah masa dimana mereka masih mengimitasi atau meniru apa yang dilihatnya. Jika orang-orang di sekatarnya mencontohkan perbuatan baik maka mereka akan mencontoh perbuatan baik itu. Begitu juga sebaliknya, jika lingkungan sekitar mencontohkan perbuatan buruk, maka mereka akan meniru perbuatan buruk itu. Sudah menjadi kewajiban guru di sekolah dalam hal ini adalah Kelompok Bermain Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk memberikan contohcontoh perbuatan baik menurut agama, dan hal ini diperkuat oleh orang tua di rumah. Permasalahan yang dikaji pada skripsi ini adalah Bagaimana meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui implementasi model pembelajaran berdasarkan sentra. Tujuan penelitian ini yaitu diharapkan adanya peningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui implementasi model pembelajaran berdasarkan sentra di PAUD Aisyiyah Qurrota 'Ayun 03 Bina Griya Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview. Jenis analisis data yang ada dalam bentuk tabel atau angka menggunakan rumus prosentase. Metode pembelajaran berdasarkan sentra adalah pembelajaran yang dalam prosesnya dilakukan di dalam lingkaran atau sentra bermain. Guru bersama anak duduk dengan posisi melingkar dan saat dalam lingkaran guru memberikan langkah atau contoh pada anak sebelum dan sesudah bermain. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di Paud Aisyiyah Qurrota 'Ayun 03 Bina Griya Kota Pekalongan tentang Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Sentra untuk Meningkatkan Nilai Agama Dan Moral pada Anak Usia Dini menunjukkan bahawa dalam siklus I kemampuan nilai agama dan moral anak usia dini memperoleh rata-rata hasil prosentase sebesar 72,92% sedikit meningkat dari sebelum dilakukan tindakan (kegiatan pra siklus) meskipun masih kurang maksimal sehingga perlu ditinggkatkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil rata-rata yang dicapai sebesar 82,29%. Dari analisis perhitungan hasil prosentase akhir pada siklus II yang telah dicapai maka Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Sentra terbukti dapat meningkatkan nilai agama dan moral pada Anak Usia Dini Di Paud Aisyiyah Qurrota Ayun 03 Bina Griya Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran sentra, nilai agama, moral
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:27
Last Modified: 22 Nov 2023 02:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item