Implementasi metode talaqqi dan tasmi’ terhadap tingkat keberhasilan menghafal al-qur’an di SMP IT Assalaam Boarding School Pekalongan

Anam, Misbahul (2023) Implementasi metode talaqqi dan tasmi’ terhadap tingkat keberhasilan menghafal al-qur’an di SMP IT Assalaam Boarding School Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3119081_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
3119081_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bahwa menanamkan atau membimbing siswa agar tetap terjaga hafalan al-Qur’annya bukanlah hal yang mudah khususnya di SMP IT Assalaam Boarding School mengingat para siswa tidak hanya fokus pada tahfidz al-Qur’an saja melainkan memiliki program tambahan yaitu pelajaran diniyah, kepanduan, kepramukaan, Mentoring Islamic character Building dan kewirausahaan. Rumusan masalah yang diungkap adalah 1. Bagaimana implementasi metode talaqqi dan tasmi’’ terhadap tingkat keberhasilan menghafal alQur’an di SMP IT Assalaam Boarding School Pekalongan. 2. Bagaimana efektivitas metode talaqqi dan tasmi’’ terhadap tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an di SMP IT Assalaam Boarding School Pekalongan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghimpun referensi dan hasil wawancara terkait tema penelitian. Penulis mengumpulkan data yang akan dipergunakan dalam penyusunan penelitian ini dengan metode observasi, interview dan dokumentasi Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan: implementasi metode talaqqi dan tasmi’ pada kegiatan tahfidz al-Qur’an di SMP IT Assalaam Boarding School berjalan dengan baik yaitu siswa secara tertib menyimak bacaan guru, menirukan bacaan guru, menghafal secara mandiri dan kemudian tasmi’ sebagai penunjang hafalan menjadi lebih kuat dan mengikuti proses belajar di kelas dengan baik dan hasil menunjukan bahwa efektivitas metode talaqqi dan tasmi’ memberikan kontribusi terhadap tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an dibuktikan dengan perbandingan hasil hafalan al-Qur’an antara tahun 2017 dan 2022 yang mengalami peningkatan. Walaupun tidak besar kontribusinya akan tetapi tetap perlu menjadi perhatian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, talaqqi, tasmi’, SMP IT Assalam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X2.1 Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:24
Last Modified: 31 Jan 2024 08:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item