Pengaruh iklan di media sosial, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk miulan hijab (studi pada mahasiswi ekonomi syariah FEBI IAIN Pekalongan angkatan 2015/2016)

Budiarti, Yolandha Verra (2019) Pengaruh iklan di media sosial, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk miulan hijab (studi pada mahasiswi ekonomi syariah FEBI IAIN Pekalongan angkatan 2015/2016). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pesatnya perkembangan dunia teknologi di Indonesia membuat sebagian besar masyarakatnya tidak bisa terlepas dari teknologi. Saat ini, media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana bersosialisasi antar teman dunia maya, namun juga digunakan oleh para pengusaha untuk mempromosikan barang/jasa yang mereka jual. Dengan banyaknya pengguna media sosial, menjadikan media sosial sebagai tempat yang sangat efektif untuk mempromosikan barang/jasa. Semakin banyak orang yang membicarakan tentang suatu barang, maka akan membuat citra merek barang tersebut semakin diketahui oleh banyak orang. Citra merek yang baik ataupun buruk, akan menjadi bahan perbincangan antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lai. Hal itulah yang akan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk memberi barang tersebut ataupu tidak. Miulan Hijab merupakan salah satu jenis produk yang menggunakan media sosial sebagai media promosi mereka. Citra merek yang Miulan Hijab miliki juga sudah banyak diketahui oleh berbagai kalangan. Selain itu banyak pula masyarakat yang saling membicarakan mengenai produk Miulan Hijab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan di media sosial, citra merek, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Miulan Hijab pada mahasiswi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Pekalongan. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik judgement dan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Teknis Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel iklan di media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel citra merek tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, serta variabel word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis korelasi determinasi (R Square) sebesar 0,310, ini berarti variabel iklan di media sosial, citra merek, dan word of mouth mempunyai pengaruh sebesar 31% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan selisihnya sebesar 69% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar penelitian ini. Hasil uji F dengan nilai F sebesar 14,406 dan signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari taraf sig. 0,05). Sedangkan hasil uji parsial menjelaskan bahwa variabel iklan di media sosial mempunyai thitung 3,111 ( > ttabel1.98498), citra merek mempunyai thitung 1,123 ( <ttabel1.98498), dan word of mouth mempunyai thitung sebesar 4,098 ( >ttabel1.98498). Dari ketiga variabel bebas yang memiliki pengaruh paling besar terhapa keputusan pembelian adalah variabel word of mouth.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Iklan, Media Sosial, Citra Merek, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 14 May 2020 03:10
Last Modified: 14 May 2020 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item