Strategi pemasaran produk “Tie Dye & Batik Dudung” dalam perspektif etika bisnis islam di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Herisanda, Iffa Binta (2018) Strategi pemasaran produk “Tie Dye & Batik Dudung” dalam perspektif etika bisnis islam di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di dalam dunia bisnis diperlukan adanya strategi pemasaran. Dalam menentukan strategi pemasaran, suatu perusahaan harus menentukan sejauh mana akan mengadaptasikan bauran pemasarannya (produk, harga, promosi, dan tempat atau distribusi) terhadap kondisi lokal. Salah satu bisnis yang sekarang sedang berkembang dan ramai di dunia nyata maupun dunia maya yaitu bisnis batik. Batik adalah salah satu karya seni anak bangsa Indonesia yang sampai sekarang masih tetap eksis dan penggunaan batik terus berkembang tidak hanya sekedar kain atau sarung saja tetapi juga digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Produk “Tie Dye & Batik Dudung” merupakan salah satu usaha batik yang ada di Kabupaten Pekalongan yang mampu berkembang dengan mengikuti perkembangan zaman dan mampu memasarkan produknya di Indonesia bahkan ke pasar Internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk “Tie Dye & Batik Dudung” di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk “Tie Dye & Batik Dudung” dalam perspektif etika bisnis Islam di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/ verification). Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi pemasaran yang dilakukan “Tie Dye & Batik Dudung” dengan menekankan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Sedangkan dalam perspektif etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya sesuai dengan etika Bisnis Islam yang dilakukan “Tie Dye & Batik Dudung” yaitu mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW berdasarkan sifat Nabi Muhammad SAW seperti Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 14 May 2020 03:17
Last Modified: 14 May 2020 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item