Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di SMPN 3 Ampelgading

Ariska, Riska Windi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di SMPN 3 Ampelgading. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619085_COVER_BAB_I_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619085_fulltext.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya pengembangan media pembelajaran di sekolah yang merupakan salah satu penyebab pembelajaran matematika cenderung monoton serta membosankan. Hasilnya siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep materi dan kejenuhan siswa. Menurut penuturan guru di lapangan bahwa para siswa cenderung kesulitan menyelesaikan materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yaitu siswa sering kesulitan menemukan variabel dan hasilnya akan membuat siswa bingung cara penyelesaiannya. Disisi lain, pengetahuan siswa mengenai budaya di daerahnya sekarang ini terus mengalami penurunan. Adanya pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) diharapkan dengan mengintegrasikan etnomatematika ini dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang valid, praktis, dan efektif pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Ampelgading. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) serta untuk mengetahui terjadi atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas VIIIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes. Sedangkan dalam teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di SMP Negeri 3 Ampelgading menghasilkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dengan skor 80% dari ahli materi, 75% dari ahli media, daan 80% dari ahli bahasa,serta hasil respon skor 76% yang menyatakan praktis. (2) lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dinyatakan cukup efektif uji paired sample t-test untuk uji skor N-Gain dengan skor 58%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), etnomatematika. Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 512.1 Algebra Combined with Other Brances/Aljabar Digabungkan dengan Cabang Lain dari Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:27
Last Modified: 24 Nov 2023 01:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item